NativZen
Advertising Area

Ini Daya tarik Dimensity 8300-Ultra, SoC-nya POCO X6 Pro 5G

Tak hanya memiliki performa ekstrem, Dimensity 8300-Ultra yang menjadi otak dari POCO X6 Pro 5G juga disebut-sebut punya kecerdasan tingkat tinggi.

Advertising Area

NATIFZEN.com – Kita sudah mendengar bahwa POCO telah secara resmi menghadirkan POCO X6 Pro 5G di pasar global. Ya, ini adalah ponsel pintar pertama yang mengusung Dimensity 8300-Ultra dari MediaTek, dan diklaim mampu memberikan performa ekstrem.

Tak hanya memiliki performa ekstrem, Dimensity 8300-Ultra yang menjadi otak dari POCO X6 Pro 5G juga disebut-sebut punya kecerdasan tingkat tinggi. Tak hanya itu, chipset ini juga diklaim sangat efisien dalam bekerja, atau bisa dikatakan lebih hemat energi.

Seperti dikatakan Andi Renreng, Associate Director Marketing POCO Indonesia bahwa kinerja Dimensity 8300-Ultra berhasil memaksimalkan performa POCO X6 Pro 5G. Karena itu, pengguna bisa menikmati performa ekstrem dari POCO X6 Pro 5G seharian.

“POCO X6 Pro 5G sudah tersedia di pasar global. Menariknya, ponsel pintar ini telah ditenagai Dimensity 8300-Ultra dari MediaTek. Karena chipset ini lebih hemat dalam pemakaian energi, menjadikan ponsel pintar ini bisa kamu gunakan sepanjang hari,” jelas Andi.

Sementara itu, Thomas Chen, Product Marketing Manager of Smartphone Business Unit, MediaTek juga merasa bangga karena chipset yang dirancang oleh MediaTek ini dipercaya sepenuhnya untuk menjadi otak dari POCO X6 Pro 5G.

“Dimensity 8300 membuka kemungkinan baru untuk POCO X6 Pro 5G, menawarkan kinerja yang tak tertandingi, hiburan hyper-realistik, dan konektivitas tanpa hambatan tanpa mengorbankan efisiensi.” jelas Thomas Chen.

Thomas Chen pun menambahkan bahwa dengan memanfaatkan program Dimensity Open Resource Architecture, POCO telah mengintegrasikan kemampuan hardware yang tangguh, memastikan permainan yang cepat dan stabil untuk pengalaman bermain game berkecepatan tinggi.

Lantas, apa saja keunggulan Dimensity 8300-Ultra di balik ekstremnya performa POCO X6 Pro 5G?

Performa dengan Efisiensi Daya yang Luar Biasa

Dibangun di atas proses manufaktur 4nm generasi ke-2 TSMC, Dimensity 8300-Ultra memiliki CPU Octa-core. Ini terdiri atas empat core Arm Cortex-A715 dan empat core Cortex-A510 yang memanfaatkan arsitektur CPU v9 terbaru Arm.

Konfigurasi ini membuat Dimensity 8300-Ultra mampu memberikan kinerja CPU 20% lebih cepat dan lebih hemat daya hingga 30% dibanding generasi sebelumnya. Ditambah, kinerja GPU Mali-G615 MC6 juga meningkat hingga 60% dan efisiensi daya hingga 55% lebih baik.

Dukungan Generative AI

Satu hal yang perlu kamu tahu, MediaTek Dimensity 8300-Ultra adalah chipset Dimensity seri 8000 pertama yang hadir dengan dukungan AI generatif penuh. Ini tentunya berkat dukungan prosesor AI APU 780 yang terintegrasi di dalamnya. 

Dukungan tersebut memungkinkan Dimensity 8300-Ultra untuk mendukung pengembang teknologi membangun aplikasi inovatif yang memanfaatkan model bahasa besar (Large Language Models/LLM) hingga 10B, serta difusi yang stabil.

Selain itu, APU 780 punya arsitektur yang sama dengan SoC Dimensity 9300, sehingga sanggup menghasilkan peningkatan dua kali pada komputasi INT dan FP16, serta peningkatan kinerja AI sebesar 3,3 kali ketimbang Dimensity 8200.

Dukungan Kamera yang Luar Biasa

Kemampuan AI alias kecerdasan buatan dipadukan dengan teknologi kamera MediaTek Imagiq 980, yang mengusung HDR-ISP 14-bit. Hasilnya, ini menghadirkan fotografi ponsel pintar premium dan perekaman video ke level tinggi yang lebih baru.

Keuntungan lainnya, pengguna bakal bisa merekam video lebih tajam dan jernih pada 4K 60 HDR. Selain itu, juga dapat merekam lebih lama berkat desain Dimensity 8300-Ultra rancangan MediaTek yang sangat hemat daya.

Mereduksi Konsumsi Daya di Kecepatan Maksimum

Sementara itu, teknologi game adaptif HyperEngine generasi berikutnya menawarkan penghematan daya ke tingkat lebih lanjut. Dengan prediksi performa berbasis AI, Dimensity 8300-Ultra secara cerdas mereduksi konsumsi daya rata-rata pada kecepatan maksimum.

Dan dengan memanfaatkan algoritma performa eksklusif yang memonitor suhu perangkat, memungkinkan ponsel pintar yang digunakan tetap dingin. Hasilnya, kita bisa menikmati FPS secara penuh, lag rendah, rendering yang mulus, dan baterai yang lebih tahan lama.

Display yang paham adegan

Hadir dengan MediaTek MiraVision 880, Dimensity 8300-Ultra yang menjadi otak dari POCO X6 Pro 5G telah dibekali MediaTek AI-PQ untuk ponsel pintar. Ini bekerja dengan cara menganalisa adegan dalam streaming video secara real-time.

Selanjutnya, dukungan tersebut mengaplikasikan setting sesuai kebutuhan adegan untuk menghasilkan kualitas gambar maksimal. Dan AI Region PQ yang baru kini dapat membedakan area-area (regions) dalam tiap adegan, guna menyesuaikan contras, sharoness, dan color tones melalui AI-Segmentation.

Konektivitas Ultra-Cepat dengan Jangkauan Lebih Jauh

Dimensity 8300-Ultra memiliki modem 5G standar 3GPP Release-16 terintegras. Ini memanfaatkan optimalisasi spesifik guna memberikan konektivitas yang lebih baik, di lingkungan dengan koneksi yang lebih lemah.

Optimalisasi tersebut memperkuat kinerja dan jangkauan sub-6GHz demi pengalaman konektivitas yang lebih andal. Selain itu, modem ini mendukung agregasi operator 3CC, dengan kecepatan downlink hingga 5,17Gbps.

“Dengan keunggulan-keunggulan tersebut, rasanya tidak mengherankan kalau POCO X6 Pro 5G jadi salah satu ponsel favorit di kelasnya yang ada saat ini. Jadi, jangan sampai ketinggalan untuk menjadi saksi sejarah kedatanngan POCO X6 Pro 5G di Indonesia,” ucap Bung Andi.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.