NativZen
Advertising Area

Vision Pro Dibongkar iFixit, Punya Jeroan yang Rumit

iFixit melalui kanal YouTube-nya kembali memperlihatkan untuk membongkar gadget unggulan. Kali ini yang dibongkar Apple Vision Pro.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Tak sampai sepekan headset mixed-reality, Vision Pro buatan Apple memasuki pasar dan sudah bisa dibeli bebas oleh masyarakat Amerika Serikat, iFixit justru bikin kejutan. Ya, iFixit membeli Vision Pro hanya untuk dibongkar.

Dari video teardown Vision Pro yang ditunjukkan oleh iFixit melalui kanal YouTube-nya, sekilas kita bisa mendapatkan gambaran bahwa headset VR buatan Apple tersebut memang punya cara kerja yang rumit. Untuk membongkarnya pun terbilang tidak mudah.

Video tersebut mengungkap serangkaian komponen, termasuk sejumlah kamera dan sensor, kipas pendingin, dan motor penggerak lensa. Ya, video tersebut menegaskan kekhawatiran sebelumnya tentang sulitnya melepas semua komponen dan memperbaiki headset tersebut.

Source: iFixit

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Vision Pro memang merupakan perangkat keras buatan Apple yang paling rumit. iFixit mengatakan perangkat ini sangat kompleks sehingga video teardown yang dibuat bisa lebih dari satu.

Jadi, kita berharap akan lebih banyak konten pembongkaran untuk Vision Pro dalam beberapa hari mendatang. Apalagi, iFixit hingga akhir video pertamanya ini belum secara terbuka untuk memberikan menilai perbaikan jika headset ini mengalami masalah.

Bagaimana pun, bagian pertama dari video ini lebih fokus pada proses pembongkaran Vision Pro. Bagian tersulis dari pembongkaran ini adalah melepas lembaran kaca depan yang melengkung. Namun, iFixit berhasil melakukannya dengan sangat hati-hati.

Di bawah kaca, ada dua lapisan lagi, yakni lapisan hitam dan lapisan tidak dilaminasi di atas layar luar. Lapisan hitam kemungkinan besar merupakan pengatur jarak, dan lapisan yang tidak dilaminasi adalah susunan lensa lentikular.

Rangkaian lensa ini dikatakan dapat menciptakan efek 3D saat pengguna menonton konten di Vision Pro. Pada langkah berikutnya, iFixit melepas unit layar dan lensa. Ini melibatkan pelepasan sekrup torsi, serta beberapa lapisan pita, sekrup, braket, dan kabel.

Setelah layar dan rakitan lensa dilepas, tim iFixit dapat melihat kamera dan motor stepper yang memarkir lensa. Ya, membongkar Vision Pro dari Apple ini sepertinya merupakan tugas menantang, yang membutuhkan banyak kesabaran.

Meski demikian, tim iFixit berhasil membongkar Vision Pro dan mengungkap mekanisme internalnya. Meski begitu, mereka enggan memberikan skor “kemampuan perbaikan” secara formal. Tim iFixit menyadari bahwa perbaikan headset ini juga tidak mudah.

Jika Vision Pro bermasalah, membongkar headset ini tentunya sangat menantang. Begitu juga ketika sudah dibongkar dan ingin mengetahui komponen mana yang bermasalah, tentunya tidak mudah. Ada baiknya, jika Vision Pro bermasalah, segera bawa ke service center Apple.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.