NativZen
Advertising Area

Hyundai Bawa Semangat Baru “Hyundai EV. Expect more.”

Sebagai pionir di ekosistem EV Indonesia, Hyundai bawa semangat baru bertajuk “Hyundai EV. Expect more.” di tahun 2024 ini.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Di pasar otomotif Indonesia, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mempertegas komitmennya untuk menghadirkan solusi mobilitas terdepan. Hal ini pun ditunjukkan oleh Hyundai dengan ikut meramaikan gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024.

Melalui perhelatan yang berlangsung sejak 15 hingga 25 Februari 2024 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Hyundai ingin memperkuat kepemimpinannya di ekosistem kendaraan listrik melalui semangat baru bertajuk “Hyundai EV. Expect more.”.

Tak main-main, dalam gelaran IIMS 2024, Hyundai meluncurkan IONIQ 5 Batik serta menampilkan SEVEN Concept dan All New KONA Electric. Ya, Hyundai memang jadi pionir kendaraan listrik sebagai solusi mobilitas masyarakat Indonesia sejak 2020.

Ekosistem EV alias kendaraan listrik juga dibangun oleh Hyundai dari hulu ke hilir melalui pembangunan pabrik battery cell dan battery pack, produksi EV perdana dalam negeri, serta perluasan lebih dari 200 charging station di seluruh penjuru Indonesia.

Seperti disebutkan oleh Woojune Cha, President Director PT Hyundai Motors Indonesia bahwa Hyundai memiliki visi Progress for Humanity untuk terus berinovasi menciptakan masa depan yang lebih baik, salah satunya melalui pengembanganekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

“Inovasi yang kami lakukan tentunya selaras dengan salah satu misi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai EV hub di Asia Tenggara. Sejalan dengan mimpi besar ini, Hyundai akan terus memimpin dan mengakselerasi elektrifikasi industri otomotif di Indonesia,” ujar Woojune Cha.

Senada dengan Woojune Cha, Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia mengatakan bahwa “Hyundai EV. Expect more.” menjadi manifestasi terbaru dari komitmen Hyundai dalam memperkuat pengembangan berkelanjutan dari lini kendaraan listrik Hyundai di Indonesia.

“Hadirnya semangat baru “Hyundai EV. Expect more.” pun mempertegas komitmen Hyundai untuk menghadirkan produk inovatif tiap tahun di Indonesia demi menjawab kebutuhan mobilitas masa depan masyarakat,” ungkap Fransiscus.

Komitmen berkelanjutan Hyundai

Kehadiran berbagai model kendaraan listrik di tengah-tengah gelaran IIMS 2024 termasuk dua special display dan satu mobil listrik terbaru, semakin menegaskan peran krusial Hyundai dalam mengakselerasi era elektrifikasi di Indonesia.

Sejalan dengan peta jalan program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dari Pemerintah Indonesia, Hyundai membangun ekosistem kendaraan listrik yang lengkap di Indonesia, di mana upaya tersebut menjadi bagian dari investasi senilai US$ 3 miliar.

Investasi strategis tersebut meliputi pembangunan kompleks infrastruktur terintegrasi untuk mengamankan value chain EV dalam negeri. Kompleks infrastruktur tersebut meliputi pabrik sel baterai dan battery system pertama di Indonesia, yang masing-masing berlokasi di Karawang dan Cikarang.

Pabrik sel baterai yang dioperasikan PT HLI Green Power akan mampu memproduksi sel baterai lithium-ion dengan total kapasitas 10 GWh per tahun. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan lebih dari 150.000 unit BEV.

Lalu, pabrik battery system yang dioperasikan Hyundai Energi Indonesia ditargetkan untuk memproduksi hingga 50.000 unit Battery System Assembly (BSA) tiap tahun. Kedua fasilitas yang akan beroperasi mulai April 2024.

Ini melengkapi pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) yang akan menambah kapasitas produksi mobil listrik hingga 70.000 unit pada 2024. Beroperasinya tiga pabrik Hyundai di Indonesia akan menghadirkan kendaraan listrik dengan komponen baterai buatan lokal untuk pertama kalinya.

Hyundai juga telah memimpin era elektrifikasi sektor otomotif Indonesia dengan menghadirkan lini IONIQ serta KONA Electric sejak 2020 dan solusi after-sales terdepan yang menyesuaikan kebutuhan kendaraan listrik.

Upaya berkelanjutan Hyundai dalam memajukan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia turut dilakukan dengan menyediakan jaringan charging station di lebih dari 200 titik, termasuk Ultra Fast Charging Station tercepat di Indonesia, dan akan diperluas ke lebih banyak wilayah.

Upaya tersebut pun telah diwujudkan lewat kemitraan strategis untuk mengekspansi charging station Hyundai di berbagai titik lokasi yang tersebar di sejumlah kota, sehingga semakin memudahkan akses bagi pengguna kendaraan listrik.

Selain itu, Hyundai juga berencana untuk memperluas kolaborasi atau kemitraannya dengan pihak lain dalam membangun lebih banyak charging station untuk makin meningkatkan kenyamanan berkendara dengan kendaraan listrik.

Sejalan dengan respons positif konsumen terhadap EV, Hyundai pun berkomitmen meningkatkan penyediaan produk dan layanan kendaraan listrik ke depan. Salah satunya melalui rangkaian program yang memastikan pengalaman memiliki Hyundai EV yang worry-free.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.