NativZen
Advertising Area

Review Sharp AQUOS sense8: Kompak, Kamera 50MP, Tahan Air

Sharp telah meluncurkan ponsel pintar kelas menengah yang menawarkan bodi solid, tahan air dan dukungan kamera 50MP.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Setelah meluncurkan AQUOS R8s Series pada awal Desember tahun lalu, Sharp langsung tancap gas di awal tahun ini dengan meluncurkan ponsel pintar terbarunya. Ya, Sharp meluncurkan AQUOS sense8 pada pertengahan bulan Januari 2024.

Satu hal yang cukup menarik, datang sebagai ponsel pintar kelas menengah, saat meluncurkan AQUOS sense8, Sharp dengan sengaja menjatuhkan perangkat tersebut. Diakui bahwa ini adalah salah satu perangkat tahan banting yang dimiliki oleh Sharp.

Kini, Sharp AQUOS sense8 yang ditawarkan dengan harga hampir Rp 6 juta itu sudah ada di tangan nativzen.com. Apalagi jika bukan untuk direview, dan perangkat ini pun jadi teman setia selama dua pekan untuk menjalani berbagai aktivitas.

Unboxing Sharp AQUOS sense8

Sebagai penerus dari AQUOS sense7, Sharp memasarkan AQUOS sense8 dengan boks kemasan yang didominasi warna hijau. Pada bagian muka, Sharp menempatkan gambar bagian belakang perangkat dengan tiga pilihan warna.

Ya, Sharp AQOUS sense8 memang tersedia dalam beragam warna, mencakup Pale Green, Light Copper, dan Cobalt Black. Selain itu, Sharp juga mencantumkan nama produk yang terlihat sangat jelas, bertuliskan AQUOS sense8.

Nah, tak kalah menarik, jika kamu membeli Sharp AQUOS sense8, ponsel pintar ini dijual sepaket (bundling) dengan Telkomsel. Olek karena itu, kamu bisa mendapatkan kartu perdana Telkomsel serta penawaran paket data hingga 21GB.

Saat boks kemasan dibuka, kamu akan menemukan unit Sharp AQUOS sense8 yang dibungkus dengan plastik. Selain itu, dalam boks kemasan, kamu juga akan menemukan soft-case transparan, dan lembaran panduan cepat yang menyatu dengan kartu garansi.

Tenang! Sharp AQUOS sense8 juga dipasarkan dengan kepala charger alias adaptor pengisian daya dan kabel USB Type-C berwarna putih. Sama seperti yang ada di dalam Sharp AQUOS sense8, kamu juga akan menemukan earphone serta konektor USB Type-C to USB A.

Solid, Kokoh dan Tahan Air

Sekarang, mari kita gali desain yang ditawarkan oleh Sharp AQUOS sense8. Seperti yang telah disebutkan, ponsel pintar ini tiba untuk menyasar segmen kelas menengah. Menariknya, nativzen.com merasakan bahwa perangkat ini begitu solid dan tampak kompak.

Secara dimensi, AQUOS sense8 memiliki ukuran 153 x 71 x 8,4 mm dan bobotnya hanya 159 gram. Karena itu, ketika digenggam dengan satu tangan atau dimasukkan ke dalam saku baju kerja, ponsel pintar ini benar-benar memberikan rasa nyaman yang begitu maksimal.

Ya, membawa DNA perakitan elektronik ala Jepang, Sharp AQUOS sense8 memang terasa bukan “kaleng-kaleng”. Panel belakangnya saja ditutup dengan material alumunium hingga ke sisi frame alias bingkainya. Ketangguhannya benar-benar bisa kamu rasakan.

Berbicara solid, kompak dan tangguh, Sharp AQUOS sense8 memang sudah lolos standar militer US (MIL-STD) hingga 15 pengujian. Selain itu, pengguna ponsel pintar ini juga bisa lebih tenang karena sudah membawa sertifikasi IP65, tahan air dan debu.

Meski dibanderol dengan harga hampir Rp 6 juta, Sharp meramu bagian belakang ponsel pintar ini begitu minimalis. Kita hanya akan menemukan dua buah kamera yang diletakkan seperti pengantin di pelaminan. Kamera utama berada di tengah, satunya lagi disebelahnya.

Seperti pabrikan ponsel pintar lainnya, Sharp juga memperkaya dua buah kamera di bagian belakang perangkat dengan LED flash. Sejajar dengan kamera utama yang begitu besar, Sharp menempatkan brand AQUOS serta logo Sharp dengan warna yang kontras.

Sekadar informasi untuk kamu, Sharp AQUOS sense8 yang ada di tangan nativzen.com adalah berwarna Cobalt Black. Masih dengan panel belakangnya, Sharp juga menghiasinya dengan garis berwarna hitam di sekelilingnya hingga ke sisi-sisi bingkainya untuk memperkuat sinyal.

Tombol pengoperasian hanya ada tombol volume dan daya, yang masing-masing diletakkan pada bagian bingkai yang sama, yakni di sisi sebelah kanan. Tombol daya bisa kamu gunakan untuk kunci keamanan perangkat karena terintegrasi dengan sensor pemindai sidik jari.

Pada bingkai bagian atas, kamu akan menemukan slot untuk menempatkan SIM Card dan kartu microSD yang berguna untuk memperluas kapasitas penyimpanan data. Selain itu, pada bingkai bagian atas, kamu juga akan menemukan lubang mikrofon.

Sementara itu, bingkai sebelah kiri dibuat polos, dan pada bingkai bagian bawah, kamu akan menemukan lubang mikrofon, port jack audio 3.5mm, port USB Type-C serta lubang speaker. Semuanya diletakkan segaris yang tampak begitu presisi.

Bergeser ke bagian tampilan, Sharp meramu AQUOS sense8 dengan panel layar yang dikembangnya sendiri, yakni OLED IGZO berukuran 6,1 inci dan memiliki resolusi FHD+. Layarnya ini juga diperkaya dengan refresh rate dengan variabel 1 hingga 90Hz.

Namun, jika kita baca melalui situs resmi Sharp, mereka sesumbar bahwa layarnya ini mampu memberikan visual yang lebih halus hingga 180Hz, yang bertujuan untuk mengurangi kelelahan mata. Sementara, tingkat kecerahannya cukup menggiurkan, yakni 1300nits.

Tampaknya, janji Sharp mengenai dukungan layar dengan tingkat kecerahan 1300nits memang terbukti benar. Sebab, ketika nativzen.com mengoperasikan AQUOS sense8 di luar ruangan dan di bawah terik matahari, visual di layar masih terlihat begitu tajam.

Sharp juga mengklaim bahwa layar baru yang dimuat ke dalam AQUOS sense8 ini mampu mengurangi paparan sinar biru hingga 50%. Selain itu, Sharp juga membekali layanya ini dengan Relax View yang dapat memudahkan kamu melihat isi layar di tempat minim cahaya.

Nah, berbicara “rumah” kamera depan yang ada pada layar OLED-nya, tampaknya Sharp enggan untuk bertransformasi ke desain punch-hole. Sangat disayangkan karena sejumlah kompetitornya sudah mulai meninggalkan desain poni ala tetesan air hujan.

Ditenagai Snapdragon 6 Gen 1

Seperti telah disebutkan, Sharp menempatkan AQUOS sense8 sebagai ponsel pintar kelas menengah. Hal ini pun ditunjukkan oleh pabrikan elektronik asal Jepang tersebut dengan memuat dapur pacu yang diproduksi oleh Qualcomm.

Ya, Sharp AQUOS sense8 ditenagai oleh Snapdragon 6 Gen 1 yang dibangun dengan fabrikasi 4nm. Ini adalah chipset kelas menengah dengan CPU Octa-core yang diperkenalkan oleh Qualcomm pada tahun 2022, di bulan September.

Lebih detail, konfigurasi CPU yang dimiliki adalah 4 x Cortex-A78 dengan clock speed 2,2 GHz & 4 x Cortex-A55 dengan clock speed 1,8 GHz. Sementara itu, untuk mendongkrak kinerja grafisnya, chipset ini telah terintegrasi dengan GPU Adreno 710.

Jika dibandingkan dengan chipset yang ditanam oleh Sharp ke dalam pendahulunya, yakni AQUOS sense7, Snapdragon 6 Gen 1 diklaim memiliki performa CPU 36% lebih baik, performa GPU 33% lebih baik dan baca atau tulis 2x lebih cepat.

Tidak bekerja sendirian, Snapdragon 6 Gen 1 yang ada pada Sharp AQOUS sense8 ini juga diteman RAM LPDDR4x 8GB dan penyimpanan internal 256GB dengan teknologi UFS 2.2. Tenang saja, kamu juga bisa memperluas kapasitas penyimpanannya dengan kartu microSD.

Tentu saja, bagi kamu yang tertarik dengan AQUOS sense8 ini juga akan menanyakan, bagaimana dengan dukungan catu dayanya? Asal kamu tahu, Sharp telah membekali ponsel pintar kelas menengah ini dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh.

Sharp mengklaim bahwa dukungan baterai 5.000 mAh yang ada pada ponsel pintar ini mampu bertahan hingga 4 jam nonton film + 3 jam memutar musik + 2 jam bermain media sosial + bermain game 1 atau bertahan seharian dengan pemakaian normal.

Tak ketinggalan, masih terkait dengan catu daya yang disematkan, Sharp juga membekali ponsel pintar kompaknya ini dengan fungsi pengisian daya cerdas a.k.a smart charging yang dapat mendeteksi status pengoperasian perangkat dan menyesuaikan arus daya yang masuk.

Hal ini bertujuan untuk menjaga masa pakai baterai tanpa mengurangi kinerja, sekaligus mencegah kerusakan baterai dan memperpanjang umur AQUOS sense8. Karena itu, Sharp menjanjikan bahwa battery life-nya tetap dalam kondisi 90% selama tiga tahun pemakaian.

Seperti biasa, untuk menguji performa CPU dan GPU, serta kinerja ponsel pintar ini secara keseluruhan, nativzen.com melakukan benchmark menggunakan empat aplikasi benchmarking populer, dan hasilnya bisa kamu lihat dari beberapa screenshoot di bawah ini.

Tak sampai di situ, pengujian yang nativzen.com lakukan juga menyasar daya tahan baterai jika AQUOS sense8 ini dipakai untuk bermain game. Ya, game yang dimainkan adalah PUBG Mobile dan eFootball 2024, masing-masing dimainkan selama 1 jam.

Saat dipakai untuk bermain game PUBG Mobile selama 1 jam, AQUOS sense8 mengonsumsi baterai sebanyak 12%, sedangkan saat digunakan untuk bermain game eFootball 2024 dalam durasi waktu sama, baterai yang terbuang sebanyak 10%.

Kamera 50MP Plus OIS

Wajar jika kamu bertanya, bagaimana dengan dukungan kamera yang disematkan oleh Sharp ke dalam ponsel pintar kompak seharga Rp 6 juta ini? Ya, Sharp membekali AQUOS sense8 dengan dukungan dua kamera di bagian belakang dan satu kamera di bagian depan.

Nah, untuk di bagian panel belakang, Sharp menempatkan kamera utama 50MP. Kamera utamanya ini dipasangkan dengan kamera ultra-wide 8MP, dan tentunya sebuah LED flash untuk menunjang pemotretan pada lingkungan minim cahaya atau low-light.

Kamera utama 50MP yang disematkan ke dalam ponsel pintar ini juga sudah dijejali fitur optical image stabilizer alias OIS. Ya, fitur ini berguna untuk memantapkan lensa kamera kala memotret objek sehingga mengurangi dampak guncangan pada foto yang dihasilkan.

Ketika kamu menggunakan Sharp AQUOS sense8 untuk merekam video, kamu pun tak perlu cemas video yang dihasilkan akan goyang. Sebab, Sharp telah membekalinya dengan fitur electrical image stabilizer atau yang sering disebut EIS.

Meski punya bodi yang kompak, menariknya lagi Sharp juga memberi kemudahan kepada kamu untuk membuat tombol shutter bisa dipindahkan ke posisi yang mudah dijangkau. Dengan begitu, memotret bisa semakin mudah dengan satu tangan (one handed).

Kamu pun tak perlu khawatir ketika membawa ponsel pintar ini untuk memotret atau merekam video di lingkungan minim cahaya alias low-light. AQUOS sense8 datang dengan lensa yang memiliki sensor 1/1,55 inch.

nativzen.com pun merasakan saat memotret malam hari, foto terlihat jernih dan terang. Di kombinasikan dengan dukungan autofokus yang cepat, yang dapat mengunci subjek dalam hitungan detik, bakalan tidak akan ada momen yang terlewatkan.

Daya tarik lainnya, dukungan kamera yang ada pada AQUOS sense8 ini juga sudah dipersenjatai teknologi ProPix 5. Dengan resolusi tinggi dan rentang dinamis yang luas, teknologi ini mampu menangkap detail-detail halus dalam setiap pengambilan gambar.

Dengan kata lain, teknologi ProPix 5 ini merupakan HDR yang menggabungkan data RAW. Ini dapat mengurangi overexposure dan underexposure, sehingga konten foto yang dihasilkan begitu detail. Ya, kamu dapat lebih leluasa mengambil foto dengan resolusi tinggi.

Sementara itu, mode pemotretan yang ditawarkan oleh Sharp ke dalam ponsel pintar ini terbilang cukup lengkap. Kamu bisa membuat foto bokeh dengan mode Portrait, atau foto malam yang “cantik” dengan mode Night.

Selain itu, Sharp juga menyediakan mode Manual untuk kamu yang suka mengutak-atik Shutter Speed, ISO, White Balance, Sturation dan sebagainya. Sedangkan untuk mode perekaman video ada opsi Time Lapse, Slow Video dan vHDR Video.

Lalu, bagaimana dengan dukungan kamera depannya? Bagi kamu yang suka foto selfie atau video call, Sharp AQUOS sense8 hanya dibekali dengan kamera depan 8MP. Tetapi menariknya, ini adalah kamera wide dengan sudut 120 derajat.

Kesimpulan

Bagi kamu yang menginginkan ponsel pintar yang kompak, bodi yang solid dan tahan air, Sharp AQUOS sense8 bisa jadi pilihan yang ideal. Dukungan chipset dan kamera yang disematkan ke dalam perangkat ini juga tak bisa dipandang sebelah mata.

Satu hal yang yang juga tak boleh kamu lupakan, AQUOS sense8 datang sebagai ponsel pintar kelas menengah yang sudah dibekali teknologi jaringan 5G. Tentu saja, ini berkat dukungan Snapdragon 6 Gen 1 yang bercokol secara utuh di dalam bodi perangkat ini.

Fitur lainnya yang dimiliki oleh ponsel pintar kelas menengah ini adalah NFC. Selain itu, Sharp AQUOS sense8 juga sudah lolos pengujian Military Standard. Tak main-main, ada 16 pengujian yang dilakukan, mulai dari drop test hingga pengoperasian di lingkungan suhu ekstrim.

Nah, jika kamu ingin membawa AQUOS sense8 untuk membuat konten foto atau video saat liburan, ponsel pintar ini sudah dilengkapi kamera utama 50MP. Menariknya lagi, untuk kebutuhan memotret dan merekam video sudah dibekali OIS dan juga EIS.

Semua dukungan yang telah disebutkan di atas, tentunya bisa kamu dapatkan di dalam sebuah Sharp AQUOS sense8 yang dibanderol dengan harga Rp 5.999.000. Ponsel pintar ini tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni Pale Green, Light Copper, dan Cobalt Black.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.