NativZen
Advertising Area

MWC 2024: Kolaborasi Indosat dan Cisco Cegah Ancaman Siber

Indosat jalin kerjasama dengan Cisco untuk memperkenalkan layanan security edge terbaru guna mencegah ancaman siber.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Indosat dan Cisco telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) kemitraan strategis. Tujuan MoU ini adalah untuk memperkenalkan layanan security edge terbaru yang menawarkan peningkatan kontrol keamanan dan pencegahan proaktif terhadap ancaman siber.

Melalui kolaborasi ini, Indosat dan Cisco berupaya memberikan solusi keamanan siber terdepan bagi pelaku bisnis di Indonesia, terutama usaha kecil dan menengah (UKM), guna meningkatkan ketahanan digital dan postur keamanan mereka.

MoU tersebut ditandatangani oleh Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, dan Dave West, President, Asia-Pacific, Japan, and Greater China at Cisco pada gelaran Mobile World Congress (MWC) Barcelona 2024.

Kolaborasi ini memberikan kesempatan bagi Indosat, melalui anak perusahaannya, PT Aplikanusa Lintasarta (Lintasarta), untuk memanfaatkan solusi keamanan siber dari Cisco di Indonesia. Solusi tersebut meliputi Extended Threat Detection and Response (XDR), Security Services Edge (SSE), Email Security, dan Multifactor Authentication.

“Kolaborasi dengan Cisco tidak hanya meningkatkan kemampuan IOH Group dalam mengantisipasi insiden keamanan, tetapi juga sejalan dengan tujuan kami untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia secara digital,” ucap Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

Sementara itu, Bayu Hanantasena, President Director & CEO Lintasarta menyambut positif kolaborasi ini dan menyatakan kebanggaannya dapat menjadi bagian dari inisiatif strategis ini. Harapannya kerjasama ini akan memberikan nilai tambah bagi Lintasarta di pasar keamanan siber di Tanah Air.

Di tengah minat yang meningkat dari pelaku bisnis di seluruh dunia terhadap XDR, termasuk Indonesia, solusi keamanan siber ini menawarkan deteksi ancaman, investigasi, dan respons yang komprehensif di berbagai lapisan keamanan.

XDR mengintegrasikan berbagai produk keamanan dan sumber data untuk memberikan penggunanya pandangan yang lebih kohesif dan holistik mengenai postur keamanan mereka. Solusi tersebut memungkinkan pengguna melindungi bisnisnya dari ancaman siber secara lebih efektif dengan menghilangkan silo.

Sementara itu, SSE mengintegrasikan beberapa fungsi keamanan menjadi layanan cloud untuk melindungi pengguna dan infrastruktur dari ancaman siber. Solusi yang berdasarkan prinsip zero trust menawarkan pengalaman pengguna yang aman dan perlindungan akses dari perangkat apa pun ke mana pun. 

Hal ini membantu memastikan bahwa keamanan tidak terikat pada lokasi fisik namun didasarkan pada identitas pengguna dan akses mereka terhadap sumber daya, di mana pun mereka berada atau perangkat apa yang mereka gunakan. Ini menjadi sangat penting dalam lingkungan bisnis modern.

“Pelaku bisnis di Indonesia saat ini beroperasi dalam model hybrid yang dipicu oleh pandemi. Kondisi ini meningkatkan risiko keamanan siber bagi perusahaan,” ucap Dave West, President, Asia-Pacific, Japan, and Greater China at Cisco.

Ditambahkan oleh West bahwa perusahaan harus memastikan keamanan semua orang setiap saat, tanpa dapat memprediksi dari mana dan kapan saja mereka akan login. Karena itu, Cisco berkomitmen untuk memberikan solusi terbaik yang dapat membantu mengatasi risiko keamanan siber.

Kolaborasi ini diharapkan dapat memperkuat kemitraan jangka panjang antara Indosat dan Cisco, mencerminkan nilai yang dibangun dari sisi bisnis dan juga kontribusi terhadap masyarakat Indonesia. Bersama-sama, kedua pihak akan memberikan solusi yang sederhana, aman, dan terukur.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.