NativZen
Advertising Area

Review OPPO Reno11 F 5G: Terjangkau, Tawarkan Banyak Keunggulan

OPPO Reno11 F 5G adalah model ketiga dari seri OPPO Reno11 5G yang diluncurkan oleh OPPO di pasar Indonesia.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Pada pertengahan bulan Februari 2024 lalu, OPPO secara resmi telah meluncurkan OPPO Reno11 F 5G di Indonesia. Kehadiran ponsel pintar ini melengkapi dua OPPO Reno11 Series 5G sebelumnya yang sudah diluncurkan oleh OPPO, yakni OPPO Reno11 5G dan Reno11 Pro 5G.

Meski dibanderol lebih murah dari dua saudaranya, bukan berarti OPPO tak membenamkan fitur menarik ke dalam ponsel pintar ini. Hanya saja, yang tampak begitu berbeda dan bisa kamu lihat secara langsung adalah desain yang ditawarkan.

Ya, setelah diberi kesempatan untuk mereview OPPO Reno11 Pro 5G, OPPO kembali menawarkan kepada nativzen.com untuk mengulas lebih dalam OPPO Reno11 F 5G. Dan hasil review-nya bisa kamu baca di bawah ini hingga selesai!

Unboxing OPPO Reno11 F 5G

Tidak berbeda dengan OPPO Reno11 5G dan Reno11 Pro 5G, OPPO juga memasarkan OPPO Reno11 F 5G dalam kotak kemasan yang serupa. Didominasi warna abu-abu, ditambah sentuhan warna perak yang berkilau, OPPO mencantumkan teks bertuliskan “OPPO Reno11 Pro 5G”.

Sementara, pada area yang berwarna perak berkilauan, OPPO juga mencantumkan nomor “11”, yang menandakan bahwa ini adalah bagian dari keluarga seri OPPO Reno11 5G. Ada juga logo OPPO berwarna perak di bagian bawahnya.

Untuk membantu konsumen yang tertarik dengan OPPO Reno11 F 5G, pada bagian belakang dari kotak kemasan OPPO mencantumkan informasi terkait dengan perangkat yang ditawarkan, seperti ukuran RAM dan ROM, warna, nomor IMEI, dan sebagainya.

Jika dibuka kotak kemasannya, kamu akan menemukan kotak berwarna putih yang di dalamnya tersimpan soft-case, lembar petunjuk penggunaan, lembar garansi, dan SIM Card ejector. Sementara, unit handsetnya bisa kamu temukan di bawah kotak berwarna putih tersebut.

Sama seperti OPPO Reno11 Pro 5G, OPPO juga membungkus OPPO Reno11 F 5G dengan kertas dan mencantumkan daftar spesifikasi kunci dari perangkat tersebut. Kamu juga masih menemukan kepala charger dengan kemampuan 67W SUPERVOOC dan kabel USB Type-C.

Tawarkan Desain Magnetic Particle

Seperti yang telah disebutkan, meski ditawarkan lebih terjaungkau dari dua saudaranya, OPPO tetap ingin memberikan kenyamanan bagi pengguna OPPO Reno11 F 5G. Karena itu, OPPO mengemas ponsel pintar kelas menengah ini begitu ramping dan ringan.

Ketebalannya hanya 7,54 mm dan beratnya hanya 177 gram. Bukan lagi mengadopsi desain 3D Curved seperti OPPO Reno11 dan Reno11 Pro 5G, tetapi dibuat dengan desain flat, OPPO Reno11 F 5G tetap nyaman ketika dimasukkan ke dalam saku baju atau celana.

Dengan menghadirkan OPPO Reno11 F 5G, OPPO juga memperkenalkan Desain Magnetic Particle. Ini menggambarkan perpaduan tampilan gelombang berkilauan dan polesan kaca. Hanya saja, ini bisa kamu temukan pada warna Ungu Koral dan Biru Laut.

Warna Ungu Koral memadukan riak warna lilac dengan kilauan yang begitu menawan, sedangkan Biru Laut hasil kombinasi warna biru seperti pada lautan dan putihnya buih ombak. Ada warna lainnya, yakni Hijau Palem, hasil produksi proses OPPO Glow yang tak kalah menarik.

Datang sebagai ponsel kelas menengah, OPPO meramu OPPO Reno11 F 5G dengan back panel alias panel bagian belakang yang dilapisi kaca. Ini menjadikan ponsel pintar tersebut tampak tak kalah menarik dengan dua saudaranya.

Panel belakangnya dihiasi modul kamera dengan tiga buah lensa yang disusun secara vertikal. Satu lensa ditempatkan dalam satu cicin di bagian atas, dan di bawahnya ada cicin lain yang menampung dua lensa sekaligus. Tak ketinggalan, OPPO juga melengkapinya dengan LED flash.

Desain flat pada bagian bingkainya juga memberikan kesan bahwa ponsel pintar ini memang begitu kokoh, dan ini tentunya mengingatkan para OPPO Fans dengan perangkat seri Reno lawas. Keempat bagian sudut tetap dibuat membulat, sehingga memberi rasa nyaman saat digunakan.

OPPO menempatkan tombol volume yang sejajar dengan tombol daya pada bingkai sebelah kanan. Sementara, di sisi bingkai sebelah kiri, OPPO menempatkan slot untuk menampung SIM Card dan kartu microSD.

Bingkai bagian atas, kamu bisa menemukan lubang mikrofon, dan bingkai bagian bawah, bersemayam lubang mikrofon, port USB Type-C, serta lubang speaker. Semuanya ditempatkan sejajar dalam satu garis yang begitu harmonis.

Sekarang kita bergeser ke bagian depan alias layar. OPPO Reno11 F 5G memiliki layar AMOLED berukuran 6,7 inci dengan resolusi FHD+ alias 2412 x 1080 piksel. Untuk memberikan pengalaman layar penuh, OPPO mengemas perangkat ini dengan bingkai ultra-tipis.

Bingkai di kedua sisi layarnya memiliki ukuran 1,47 mm, dengan rasio layar ke bodi 93,4%. Sementara itu, layar AMOLED 10-bit mampu menampilkan lebih dari 1 miliar untuk gradien alami, dipadukan dengan kecerahan puncak 1.100nits untuk visual yang nyata di luar ruangan.

Untuk memanjakan kamu yang suka scrolling di media sosial, layar ponsel pintar terbaru dari OPPO ini sudah dibekali dengan refresh rate 120Hz. Sementara, untuk memberikan pengalaman visual yang lebih ramah mata, ada peredupan PWM 2160Hz di bawah 90nits.

Ditenagai Dimensity 7050, SoC dari MediaTek

Seperti yang telah disebutkan, OPPO Reno11 F 5G datang sebagai ponsel pintar terbaru dari OPPO yang akan meramaikan segmen kelas menengah. Karena itu, OPPO begitu percaya diri untuk mencekoki ponsel pintar tersebut dengan chipset Dimensity 7050.

Ya, berbeda dengan Dimensity 8200 yang ditanam oleh OPPO ke dalam Reno11 Pro 5G, Dimensity 7050 adalah chipset yang dikembangkan oleh MediaTek dengan fabrikasi 6nm. Tetapi, menariknya ini adalah chipset yang diumumkan kehadirannya pada awal Mei tahun lalu.

Nah, penasaran dengan konfigurasi CPU dari chipset tersebut? Mengacu pada situs MediaTek disebutkan bahwa Dimensity 7050 dikemas dengan arsitektur CPU Octa-core. Ini terdiri dari 2 core Cortex-A78 2,6 GHz yang berpasangan dengan 6 core Cortex-A55 2,0 GHz.

SoC ini juga terintegrasi dengan Mali-G68 MC4. Selain itu, untuk membuat ponsel pintar ini mampu multitasking lebih smooth dan lancar, OPPO juga membekalinya dengan RAM 8GB yang berpasangan dengan penyimpanan internal 256GB.

Jika kamu merasa kurang dengan besarnya RAM yang ditancapkan oleh OPPO ke dalam ponsel pintar ini, kamu bisa menambahkan secara virtual. Sebab, OPPO juga membekali OPPO Reno11 F 5G dengan fitur RAM Expansion, yakni hingga 8GB.

Artinya, kamu bisa merasakan RAM 16GB ketika beraktivitas bersama OPPO Reno11 F 5G. Kamu juga tak perlu cemas dengan kapasitas penyimpanan yang ditawarkan. Jika terasa sudah penuh, kamu bisa menambahkannya dengan kartu microSD hingga 2TB.

Nah, untuk sektor catu daya, OPPO membekali OPPO Reno11 F 5G dengan baterai besar 5.000 mAh yang bisa dipakai seharian, dan sudah dilengkapi dengan teknologi untuk menjaga masa pakai baterai prima bahkan setelah 4 tahun penggunaan.

Sementara itu, kepala charger 67W SUPERVOOC Flash Charging yang tersedia dalam paket penjualannya dapat mengisi daya hingga 30% hanya dalam 10 menit. Jika kamu ingin mengisi baterai OPPO Reno11 F 5G hingga penuh alias 100%, hanya butuh waktu 48 menit.

nativzen.com juga menggunakan OPPO Reno11 F 5G sebagai daily driver untuk menemani aktivitas, mulai dari cek e-mail, berselancar di internet untuk membaca berita, mengakses media sosial, hingga menikmati hiburan, bermain game misalnya.

Dari sejumlah aktivitas yang dijalani bersama dengan ponsel pintar ini, nativzen.com bisa merasakan daya tahan baterai yang dimiliki Reno11 F 5G ini terbilang mumpuni. Ya, misalnya dipakai bermain game PUBG Mobile selama 1 jam, baterai yang terkuras hanya 11 %.

Sekadar informasi tambahan untuk kamu yang tertarik dengan OPPO Reno11 F 5G, ponsel pintar ini telah berjalan dengan ColorOS 14 berbasiskan Android 14. Untuk urusan konektivitas, tentu saja ponsel pintar ini menyuguhkan jaringan 5G.

Selain itu, ada juga dukungan WiFi 6, Bluetooth 5.3 dan NFC. OPPO juga menjanjikan akan memberikan dukungan update OS Android hingga 3 kali, dan yang tak kalah penting adalah security update hingga 4 tahun.

Kamera Utama 64MP Ultra-Clear

Sekarang, mari kita bedah dukungan kamera bagian belakang OPPO Reno11 F 5G. OPPO menyematkan tiga buah kamera, ini terdiri dari lensa utama 64MP dengan aperture f/1.7, yang berpasangan dengan lensa ultra-wide 8MP dan lensa makro 2MP.

Menariknya, lensa ultra-wide 8MP yang ada pada ponsel pintar ini memiliki ruang pandang hingga 112 derajat.  Selain itu, OPPO juga membekali sektor fotografi ini dengan serangkaian fitur menarik di dalamnya yang mampu menciptakan foto beresolusi tinggi alias Hi-Res.

Jika kamu ingin mendapatkan foto Hi-Res alias 64MP, kamu bisa masuk ke aplikasi kamera bawaan, lalu pilih menu “More” dan tap Hi-Res. Kini, kamu sudah siap untuk memotret subjek yang ada, dan lihat hasilnya akan lebih tajam, meskipun kamu perbesar.

OPPO juga masih menyertakan fitur AI Portrait Retouching ke dalam OPPO Reno11 F 5G. Ini fitur dari mode portrait yang memungkinkan ponsel pintar besutan OPPO ini bisa memoles subjek wajah manusia dalam sebuah foto sehingga terlihat lebih menarik.

AI Portrait Retouching dapat memoles untuk menghilangkan bekas jerawat, tekstur kulit wajah, dan sebagainya. Meski dibantu oleh AI, hasil polesan yang ditampilkan terbilang mampu menciptakan foto yang tampak natural, alias tidak berlebihan.

Dukungan AI yang juga bisa kamu temukan pada OPPO Reno11 F 5G adalah Portrait Expert Engine. Dengan dukungan tersebut, kamu tak perlu bersusah-susah untuk menciptakan foto portrait yang terlihat menarik untuk dipamerkan ke media sosial.

Portrait Expert Engine mampu menghasilkan foto portrait yang menarik dengan menggabungkan pengenalan wajah dan deteksi subjek tingkat lanjut, perlindungan warna kulit, dan peningkatan fitur untuk menciptakan keseimbangan antara kejernihan dan fokus.

Sementara itu, Jika kamu hobi memotret cantiknya lampu-lampu kota di malam hari, kamu bisa menggunakan mode Night. OPPO juga memberi kebebasan kepada kamu yang suka memotret dengan mode Pro.

Bagaimana jika OPPO Reno11 F 5G kamu gunakan untuk merekam video? Masih sama seperti OPPO Reno11 Pro 5G, OPPO juga memperkaya Reno11 F 5G dengan kemampuan perekaman video mencapai resolusi 4K @30fps.

Agar hasil video rekaman yang kamu buat bebas “goyang”, OPPO juga menyematkan opsi Ultra Steady. Hanya saja, jika kamu menggunakan opsi tersebut, video yang dihasilkan mentok pada resolusi FHD alias 1080p dengan frame rate @60fps.

Bagi kamu yang suka membuat konten video Slo-Mo, Time-Lapse dan Dual-View, OPPO juga sudah menyematkan ketiga mode perekaman video tersebut ke dalam OPPO Reno11 F 5G. Sedangkan untuk kamu yang suka nge-vlog, ada dukungan kamera depan 32MP.

Fitur Pendukung

Nah, berbicara mengenai fitur pendukung yang ada pada OPPO Reno11 F 5G, OPPO telah membekali ponsel pintar kelas menengah terbarunya ini dengan NFC. Selain itu, kamu juga akan dimanjakan dengan yang namanya fitur Clear Voice.

Fitur Clear Voice bekerja dengan memanfaatkan teknologi Noise Cancellation yang mampu mereduksi suara bising hingga 40 dB. Selain itu, kehadiran fitur ini juga mampu meningkatkan kejelasan suara saat melakukan komunikasi percakapan hingga 40%.

Bagi kamu yang tertarik meminang OPPO Reno11 F 5G juga tak perlu cemas dengan krisis sinyal saat berada di dalam lift atau kereta bawah tanah (MRT). Ya, OPPO juga membekali ponsel pintar ini dengan fitur LinkBoost.

Fitur ini dihadirkan dengan mengadopsi teknologi peningkatan kekuatan antena dan pemilihan jaringan berbasiskan AI, sehingga dapat menciptakan koneksi yang lebih kuat dan memulihkan sinyal lebih cepat setelah koneksi terputus.

Kamu juga wajib tahu bahwa OPPO Reno11 F 5G telah membawa sertifikasi IP65, tahan air dan debu. Artinya, kamu tak perlu khawatir ketika menggunakan ponsel pintar ini di area outdoor saat hujan atau tersiram air saat berada di atas meja kerja.

OPPO Reno11 F 5G berjalan dengan antarmuka ColorOS 14 berbasiskan Android 14. Dengan antarmuka tersebut, kamu juga akan menemukan beberapa hal menarik sehingga dapat meningkatkan produktivitas ketika beraktivitas dengan ponsel pintar ini.

Pertama, ada yang namanya Smart Image Matting. Ini adalah tools pemotong (cut) digital yang terbilang cerdas. Dengan bantuan tools ini kamu dapat memotong (cut) subjek dari foto mana pun dengan cepat dan akurat, lalu bawa ke aplikasi lain untuk diedit, disimpan, atau dibagikan.

Ada juga yang namanya File Dock. Cukup dengan langkah sederhana untuk menelusuri dan mengumpulkan gambar, teks, dan tautan, lalu mentransfernya ke aplikasi berbeda atau ke File Dock untuk diakses dari perangkat berbeda.

Selain itu, yang tak kalah menarik adalah Microsoft Phonelink. Dengan bantuan tools ini kamu dapat menghubungkan OPPO Reno11 F 5G ke PC atau laptop. Dengan begitu, kamu bisa drag and drop file dengan lebih mudah dan cepat.

Kesimpulan

OPPO melengkapi seri OPPO Reno11 5G di tahun 2024 ini dengan menghadirkan OPPO Reno11 F 5G. Meski dibanderol sedikit lebih murah alias lebih terjangkau dari dua saudaranya, ponsel pintar ini menawarkan banyak keunggulan.

Pertama, mengenai desain yang ditawarkan, OPPO Reno11 F 5G membawa Desain Magnetic Particle. Desain tersebut bisa kamu temukan pada warna Ungu Koral dan Biru Laut. Warna lainnya, yakni Hijau Palem merupakan hasil produksi proses OPPO Glow yang tak kalah menarik.

OPPO mengemas ponsel pintar kelas menengah ini begitu ramping dan ringan. Ketebalannya hanya 7,54 mm dan beratnya hanya 177 gram. Berbeda dengan OPPO Reno11 Pro 5G dan OPPO Reno11 5G, OPPO Reno11 F 5G dikemas dengan desain layar dan bingkai flat alias datar.

OPPO Reno11 F 5G memiliki layar AMOLED berukuran 6,7 inci dengan resolusi FHD+ alias 2412 x 1080 piksel. Untuk memberikan pengalaman layar penuh, OPPO mengemas perangkat ini dengan bingkai ultra-tipis, yakni dengan ketebalan hanya 1,47 mm di kedua sisi layarnya.

Untuk urusan performa, OPPO membekali Reno11 F 5G dengan chipset Dimensity 7050 yang berpasangan dengan RAM 8GB dan internal storage 256GB. Tenang! Kamu juga dapat menambah kapasitas RAM hingga 8GB melalui fitur RAM Expansion.

Sementara, untuk memperluas kapasitas penyimpanannya, kamu bisa menempatkan kartu microSD hingga 2TB ke dalam ponsel pintar ini. Untuk catu daya, OPPO membenamkan baterai berkapasitas 5.000 mAh dengan pengisian cepat 67W SUPERVOOC.

Ponsel pintar kelas menengah yang berjalan dengan antarmuka ColorOS 14 berbasis Android 14 ini juga telah dilengkapi dengan tiga buah kamera di bagian belakang. Ini terdiri dari kamera utama 64MP, kamera ultra-wide 8MP dengan ruang pandang 112 derajat, dan kamera makro 2MP.

Sedangkan untuk menjawab kebutuhan foto selfie atau mereka yang suka nge-vlog dengan kamera depan, OPPO mempersenjatai Reno11 F 5G dengan kamera 32MP. Baik kamera belakang atau pun depan, semuanya sudah dibekali fitur-fitur menarik.

Sama seperti OPPO Reno11 Pro 5G dan OPPO Reno11 5G, OPPO juga telah membekali Reno11 F 5G dengan NFC, LinkBoost, Clear Voice, dan sertifikasi IP65 tahan air dan debu. Nah, untuk harganya, ponsel pintar ini dibanderol cuma Rp 4.599.000.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.