NativZen
Advertising Area

Review vivo V30 Pro: Hadirkan Ultimate Portraits Terdepan

vivo V30 Pro hadir di pasar Indonesia membawa banyak hal menarik, mulai dari desain, dukungan kamera hingga dapur pacu yang dimiliki.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Untuk berkompetisi di segmen kelas menengah ke atas, vivo di awal tahun 2024 ini kembali membuat gebrakan dengan meluncurkan vivo V30 Pro. Ya, ponsel pintar ini meluncur di pasar Indonesia pada akhir bulan Februari 2024 lalu.

Datang sebagai perangkat kelas menengah ke atas, vivo meramu vivo V30 Pro sebagai ponsel pintar yang unggul dalam sektor kamera. Hal ini bukan tanpa alasan, dan oleh karena itu vivo begitu percaya diri untuk berkolaborasi dengan ZEISS.

Nah, menariknya vivo pun memberi kesempatan kepada nativzen.com untuk mereview vivo V30 Pro. Tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut, ponsel pintar ini pun menjadi teman setia saat libur Lebaran, dan inilah ulasannya. Baca hingga selesai!

Unboxing vivo V30 Pro

Sebelum mengulas lebih jauh vivo V30 Pro yang nativzen.com gunakan sebagai perangkat telekomunikasi untuk menemani saat liburan Lebaran beberapa waktu lalu, ada baiknya kamu harus tahu boks kemasan penjualan ponsel pintar kelas menengah ke atas terbaru ini.

Ya, vivo memasarkan vivo V30 Pro dalam sebuah boks kemasan yang didominasi warna hitam, dan ada sentuhan lingkaran yang begitu besar di bagian muka. Tertulis dengan jelas dalam lingkaran berwarna perak tersebut “V30 Pro Co-engineered with ZEISS”.

Sementara itu, di sisi bagian kanan dari boks kemasan juga tertulis “vivo V30 Pro 5G”, dan sisi bagian kiri, vivo menempelkan sticker yang mengindikasikan bahwa vivo adalah Official Smartphone dari gelaran Piala Eropa 2024 di Jerman.

Nah, bagi konsumen yang tertarik dengan vivo V30 Pro dan ingin tahun besaran memori dari perangkat yang dibeli, vivo menyematkan informasi tersebut di bagian belakang dari boks kemasan, termasuk kedua nomor IMEI-nya.

Nah, sekarang kita cari tahu isi dari boks kemasan tersebut. Saat dibuka, kamu akan langsung melihat unit vivo V30 Pro yang dibungkus plastik transparan. Di bawah unit ponsel pintar tersebut, kamu akan menemukan soft-case, lembar penggunaan, dan kartu garansi.

Tak perlu khawatir, vivo juga masih menyertakan kabel USB Type-C berwarna putih bersama dengan kepala charger yang memiliki kemampuan pengisian cepat 80W FlashCharge dalam paket penjualannya. Tak ketinggalan, vivo juga masih memberikan SIM ejector.

Oh iya, unit vivo V30 Pro yang ada di tangan nativzen.com adalah warna Hijau Khatulistiwa Warna lainnya yang vivo tawarkan untuk konsumennya di Indonesia adalah warna Hitam Vulkanik. Selain itu, layar ponsel pintar ini juga sudah terpasang screen protector.

Membawa Desain 3D Curved

Datang sebagai ponsel pintar yang ditujukan untuk segmen kelas menengah ke atas, vivo memang merancang V30 Pro sebagai handset yang begitu ciamik. Sehingga perangkat ini pun tak kalah mewah jika disandingkan dengan kompetitor sekelasnya.

Ya, Seperti telah disebutkan bahwa vivo V30 Pro hadir dalam dua warna pilihan, yakni Hijau Khatulistiwa dan Hitam Vulkanik. Kedua warna tersebut terinspirasi dari tema tema “Zamrud Khatulistiwa”, yang masing-masing memiliki keunikan dan kisahnya tersendiri.

Pada Hijau Khatulistiwa, vivo menampilkan keindahan lanskap dan kesuburan alam Indonesia. Ini sekaligus mewakili filosofi pertumbuhan dan perkembangan individu menjadi lebih dewasa serta matang, menjadi sebuah warna yang unik.

Sementara itu, untuk varian Hitam Vulkanik, vivo ingin memamerkan kekayaan tanah Indonesia dan menyimbolkan ketangguhan serta kekuatan bangsa menghadapi berbagai situasi. Karena itu, varian ini tampak begitu lebih elegan.

Baik Hijau Khatulistiwa maupun Hitam Vulkanik, keduanya memiliki bodi belakang menggunakan tekstur yang tidak meninggalkan bekas sidik jari. Oleh karena itu, perangkat ini tidak mudah kotor. Tetapi ada kekurangannya, yakni panel belakang handset ini terasa licin.

Pada panel bagian belakang, vivo mempercantik vivo V30 Pro dengan menempatkan rumah kamera berbentuk persegi, yang diletakkan di pojok kiri atas. Di dalamnya, vivo memuat tiga buah lensa yang diposisikan sedemikian rupa, bersanding dengan logo ZEISS.

Tepat di bawah rumah kamera, vivo juga masih menempatkan LED Flash Aura Light khas vivo. Berbeda dengan dengan perangkat pendahulunya, Aura Light yang ada pada vivo V30 Pro ini dirancang oleh vivo dengan desain yang lebih baru, dan lebih luas.

vivo mengemas vivo V30 Pro dengan desain layar dan bagian belakangnya berupa 3D Curved. Ini artinya desain yang ditawarkan melengkung di sisi kiri dan kanan perangkatnya. Keuntungannya, ponsel pintar ini terasa tipis sehingga nyaman saat digenggam.

Nah, jika berbicara mengenai dimensinya, vivo V30 Pro memiliki ukuran 164,36 × 75,1 × 7,45 mm, dengan bobot mencapai 188 gram. Satu hal yang menjadi nilai tambah dari handset ini, panel belakangnya menggunakan material glass alias kaca.

Oleh karena itu, jika kamu tertarik dengan vivo V30 Pro dan ingin melindungi panel belakang handset ini agar tidak mudah tergores atau terlihat cepat kusam, kamu bisa menggnakan soft-case yang sudah tersedia secara cuma-cuma dalam boks kemasannya.

Sementara itu, untuk tombol pengoperasian, seperti tombol volume dan daya ditempatkan di sisi kanan. Pada sisi bagian atas, kamu hanya akan menemukan lubang mikrofon serta tulisan “PROFESSIONAL PORTRAIT”.

Sisi bagian kiri dibuat polos, sedangkan sisi bagian bawah, vivo menempatkan slot untuk memuat SIM Card (Dual SIM – Nano-SIM, dual stand-by) dan tidak bisa menampung kartu microSD. Lalu, ada lubang mikrofon, port USB Type-C serta lubang speaker mono.

Ya, speaker yang dimiliki vivo V30 Pro ini adalah mono. Padahal, tak sedikit ponsel pintar sekelasnya sudah menggunakan dual speaker stereo. Tak perlu risau! Meski begitu suara yang keluar dari speaker yang ada pada ponsel pintar ini terdengar cukup jelas.

Sekarang kita bergeser ke bagian tampilan, alias layar. vivo V30 Pro memiliki layar 3D Curved berukuran 6,78 inci dengan resolusi 1.5K (2800 x 1260 piksel). Panel layar yang digunakan adalah AMOLED dengan adaptive refresh rate hingga 120Hz.

Kamu juga tak perlu khawatir ketika mengoperasikan vivo V30 Pro di luar ruangan atau di bawah terik matahari. Sebab, layar ponsel pintar ini telah dibekali dengan tingkat kecerahan mencapai 2.800nits.

Sementara itu, untuk memastikan kenyamanan mata saat menggunakan ponsel pintar ini dalam jangka waktu yang panjang, seperti nonton film favorit, vivo juga telah membekali layar vivo V30 Pro dengan Anti-Fatigue Curve 2.0.

Layar lengkung AMOLED dari vivo V30 Pro juga dipercantik dengan punch-hole di bagian atas. Selain itu, vivo juga melengkapi layar ponsel pintar ini dengan Biometric Brightness Adjustment, yang secara smart mampu menyesuaikan cahaya layar untuk pengalaman yang lebih nyaman.

Nah, untuk memproteksi layarnya, vivo juga telah memasang lembaran screen protector. Selain itu, vivo juga memperkaya layarnya ini dengan sensor pemindai sidik jari yang berfungsi untuk keamanan perangkat.

Ditenagai Chipset Mediatek Dimensity 8200

Datang sebagai ponsel pintar kelas menengah ke atas, vivo telah mencekoki vivo V30 Pro dengan Dimensity 8200. Ini adalah chipset dengan fabrikasi 4nm yang dirancang oleh MediaTek dan diluncurkan pada akhir tahun 2022 lalu.

Bagi kamu yang penasaran dengan konfigurasi CPU dari chipset ini, Dimensity 8200 dikemas dengan arsitektur CPU Octa-core. Ini terdiri dari 1 core Cortex-A78 3,1 GHz, 3 core Cortex-A78 3,0 GHz, dan 4 core Cortex-A55 2,0 GHz. SoC ini terintegrasi dengan GPU Mali-G610 MC6.

Sudah barang tentu, SoC atau chipset yang ditanam oleh vivo ke dalam ponsel pintar ini bekerja tidak sendirian. vivo juga telah membekali ponsel pintar terbaru kelas menengahnya ini dengan RAM 12GB dan penyimpanan internal 512GB.

vivo juga memperkaya vivo V30 Pro dengan fitur Extended RAM. Fungsinya seperti yang sudah kita tahu bersama, untuk mendongkrak RAM yang “diakuisisi” dari ROM. Kamu bisa menambah RAM secara virtual hingga 12GB.

Dengan begitu, kamu bisa merasakan RAM 24GB yang berjalan pada vivo V30 Pro. Hanya saja, kamu harus puas dengan kapasitas penyimpanan internal yang ada pada ponsel pintar ini. Ya, vivo tidak menyertakan baki atau wadah untuk menyimpan kartu microSD.

Untuk sektor catu daya, vivo membekali vivo V30 Pro dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Lebih lagi, vivo juga menyertakan fitur pengisian daya cepat 80W FlashCharge yang memungkinkan pengisian daya dari 0% hingga 100% hanya dalam waktu 43 menit.

Selain itu, vivo juga memberikan perlindungan performa baterai dalam jangka panjang dengan menyertakan 4 Tahun Proteksi Baterai pada vivo V30 Pro. Ini memastikan konsistensi dan optimalitas performa baterai hingga empat tahun penggunaan.

Dibekali chipset Dimensity 8200, RAM 12GB, ROM 512GB dan dukungan baterai berkapasitas 5.000 mAh, lalu bagaimana dengan kinerjanya? Seperti biasa, nativzen.com melakukan benchmark untuk mengukur performa vivo V30 Pro.

Dalam melakukan proses benchmark, selain menggunakan aplikasi AnTuTu 10.2.0, nativzen.com juga menginstall aplikasi benchmark lainnya, seperti Geebench 6, 3DMark, dan PCMark. Hasilnya, bisa kamu lihat melalui screenshoot di bawah ini.

Tak sampai di situ, nativzen.com juga menggunakan vivo V30 Pro sebagai daily driver untuk menemani aktivitas, mulai dari cek e-mail, berselancar di internet untuk membaca berita, mengakses media sosial, hingga menikmati hiburan, bermain game misalnya.

Dari sejumlah aktivitas yang dijalani bersama dengan ponsel pintar ini, nativzen.com bisa merasakan daya tahan baterai yang dimiliki oleh vivo V30 Pro ini. Ya, misalnya dipakai bermain game PUBG Mobile selama 1 jam, baterai yang terkuras hanya 13 %.

vivo V30 Pro berjalan dengan antarmuka Funtouch OS 14 berbasiskan Android 14. Untuk urusan konektivitas, tentu saja ponsel pintar ini menyuguhkan jaringan 5G. Selain itu, ada juga dukungan WiFi 6, Bluetooth 5.3 dan NFC.

Jika kamu tertarik membeli vivo V30 Pro yang ditawarkan seharga Rp 8.999.000, vivo menjanjikan akan memberikan dukungan update OS Android hingga 2 kali, dan yang tak kalah penting adalah security update hingga 3 tahun.

Sektor Kamera Didukung ZEISS Professional Portrait

Seperti telah disinggung sebelumnya bahwa vivo menghadirkan vivo V30 Pro berkolaborasi dengan ZEISS. Oleh karena itu, inovasi yang dihadirkan oleh vivo ke dalam ponsel pintar kelas menengah ke atas ini pun tak main-main.

Pada sektor kamera, kita akan menemukan ZEISS Professional Portrait yang mencakup tiga fitur utama, yakni ZEISS Triple Main Camera, ZEISS Style Portrait, dan ZEISS Border Watermark. Ketiganya membuat foto yang dihasilkan oleh vivo V30 Pro terlihat begitu menarik.

Kehadiran ZEISS Triple Main Camera memenuhi standar optik dari ZEISS setelah menjalani 17 uji, termasuk evaluasi terhadap cahaya bintang, distorsi bayangan, dan aberasi kromatik, menjadikan perangkat ini sebagai generasi V Series dengan kualitas kamera terbaik hingga saat ini.

Selain itu, dalam fitur ZEISS Style Portrait, vivo V30 Pro juga sudah dilengkapi dengan enam jenis lensa potret kelas dunia dari ZEISS, termasuk Biotar, Distagon, Sonnar, Planar, Cinematic, dan Cine-flare.

Keenam lensa ini secara sempurna mereproduksi efek dari lensa potret klasik ZEISS, menghasilkan bokeh dan bokeh flare yang autentik serta menciptakan komposisi gambar yang hidup dan penuh atmosfer.

Sementara itu, dengan hadirnya ZEISS Border Watermark, pengguna vivo V30 Pro juga mendapatkan kesan dan jaminan hasil foto berkualitas profesional berstandar ZEISS untuk setiap tangkapan kameranya.

Tak kalah menarik, vivo juga menghadirkan All-New Aura Light Portrait yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan alias AI sehingga memiliki kemampuan untuk merekomendasikan pengguna kapan waktu yang ideal untuk mengaktifkan fitur Aura Light terbaik.

Kecerahan gambar yang diambil dapat disesuaikan berdasarkan jarak subjek dengan tingkat distribusi cahaya yang lebih merata hingga 30 persen. Ini memastikan bahwa setiap foto, baik yang diambil memiliki keseimbangan cahaya yang optimal pada kondisi pencahayaan apapun.

Untuk memberikan pengalaman fotografi yang lebih maksimal, vivo V30 Pro juga menyematkan dukungan triple camera yang lebih canggih di bagian belakang. Ponsel pintar kelas menengah ke atas ini dibekali kamera utama 50MP dengan sensor Sony IMX920.

Dua kamera lainnya adalah lensa ultra-wide 50MP dan lensa portrait 50MP dengan sensor Sony IMX816. Ya, vivo V30 Pro menawarkan resolusi kamera potret tertinggi di kelasnya dan memberikan pengalaman fotografi terbaik bagi pengguna.

Nah, untuk kamera depan, vivo juga melengkapi vivo V30 Pro dengan lensa 50MP AF Group Photo yang memiliki resolusi tinggi dan teknologi autofocus yang canggih. Ini menjadikan ponsel pintar dengan dukungan lensa spesifikasi tertinggi di kelasnya.

Lantas, bagaimana jika vivo V30 Pro kamu gunakan untuk merekam video? Kemampuan perekaman videonya bisa mencapai resolusi 4K @30fps atau @60fps. Jika kamu memilih resolusi 1080p atau FHD, frame ratenya bisa @30fps atau @60fps.

Agar hasil video rekaman yang kamu buat bebas “goyang”, vivo juga menyematkan opsi Ultra Stabilization. Hanya saja, jika kamu menggunakan opsi tersebut, video yang dihasilkan mentok pada resolusi FHD alias 1080p dengan frame rate @60fps.

Masih terkait dengan mode perekaman video, kamu juga bisa menciptakan konten Slo-Mo, Time-Lapse dan Dual-View Video. Mode perekaman terakhir yang disebutkan menggunakan fungsi kamera depan dan belakang sekaligus.

Fitur Pendukung

Dukungan lainnya yang membuat vivo V30 Pro ini menarik adalah dukungan Ultra Large Smart Cooling System. Ya, vivo mengemas ponsel pintar ini dengan penampang Vapor Chamber yang lebih luas, yakni berukuran 3.002 milimeter persegi.

Dibuat dengan bahan pembuangan panas yang sangat efisien dan sensor suhu internal, vivo V30 Pro ini menghasilkan deteksi suhu waktu secara real-time, memastikan pengoperasian yang stabil dan lancar selama berjam-jam saat digunakan untuk bermain game.

Bagi kamu yang tertarik dengan ponsel pintar ini juga tak perlu khawatir, karena vivo V30 Pro juga sudah dibekali dengan sertifikasi IP54 Dust & Water Resistance. Ya, artinya ponsel pintar ini tahan dengan cipratan atau ketumpahan air dan debu untuk penggunaan sehari-hari.

Selain itu, vivo juga telah memastikan peningkatan algoritma Water Wet Display. Ini untuk memastikan pengoperasian yang lancar ketika membuka ponsel pintar meskipun tangan kamu terkena air.

Terakhir adalah dukungan NFC Multifunctions. Ya, bersama dengan vivo V30 Pro kamu bisa melakukan hal lebih banyak tanpa harus membawa banyak kartu dengan kemampuan NFC, yang dapat menduplikasi berbagai kartu akses dengan mudah.

Kesimpulan

Meramaikan pasar ponsel pintar kelas menengah ke atas, vivo pada tahun ini telah menelurkan vivo V30 Pro. Satu hal yang membuat perangkat ini menarik adalah kolaborasi yang vivo lakukan bersama dengan ZEISS.

Ya, berkat kolaborasi tersebut, vivo V30 Pro mampu menghadirkan dukungan kamera yang dirasakan begitu mumpuni untuk menciptakan konten foto atau pun video. Bahkan, bisa dikatakan bahwa konten tersebut siap untuk dibagikan langsung ke sosial media.

Berkat kolaborasi dengan ZEISS, kita akan menemukan ZEISS Professional Portrait pada vivo V30 Pro yang mencakup tiga fitur utama, yakni ZEISS Triple Main Camera, ZEISS Style Portrait, dan ZEISS Border Watermark.

Tak kalah menarik, vivo juga menghadirkan All-New Aura Light Portrait ke dalam ponsel pintar ini yang dilengkapi dengan AI sehingga memiliki kemampuan untuk merekomendasikan pengguna kapan waktu yang ideal untuk mengaktifkan fitur Aura Light terbaik.

Nah, bagi kamu yang penasaran dengan dapur pacunya, vivo V30 Pro datang dengan chipset Dimensity 8200. Chipset tersebut dikombinasikan dengan RAM 12GB, yang bisa ditambah hingga 12GB dengan fitur Extended RAM dan penyimpanan internal 512GB.

Sementara, untuk sektor catu daya, vivo membekali vivo V30 Pro dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Lebih lagi, vivo juga menyertakan fitur pengisian daya cepat 80W FlashCharge. Ya, pengisian daya bisa dilakukan sangat cepat sambil kamu sarapan pagi menuju aktivitas kerja.

Jika kamu tertarik membeli vivo V30 Pro yang ditawarkan seharga Rp 8.999.000, vivo menjanjikan akan memberikan dukungan update OS Android hingga 2 kali, dan yang tak kalah penting adalah security update hingga 3 tahun.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.