NativZen
Advertising Area

Microsoft Kucurkan Investasi US$ 1,7 Miliar untuk Cloud dan AI di Indonesia

Microsoft baru saja mengumumkan bahwa perusahaan akan menginvestasikan US$ 1,7 miliar untuk infrastruktur cloud dan AI di Indonesia.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Kejutan ditunjukkan oleh Microsoft di Indonesia. Raksasa teknologi yang berbasis di Redmond, Amerika Serikat itu baru saja mengumumkan bahwa perusahaan akan menginvestasikan US$ 1,7 miliar selama 4 tahun ke depan untuk infrastruktur cloud dan AI baru.

Selain itu, Microsoft juga bakal memberikanpelatihan keterampilan AI bagi 840.000 orang, dan dukungan terhadap komunitas developer dalam negeri yang terus berkembang. Ini merupakan investasi tunggal terbesar dalam 29 tahun sejarah Microsoft di Indonesia.

“Generasi baru AI ini mengubah cara hidup dan bekerja setiap orang di mana pun, termasuk di Indonesia,” ujar Satya Nadella, Chairman dan CEO Microsoft yang bicara di hadapan sejumlah developer di Jakarta, (30/4) dalam acara Microsoft Build: AI Day.

Ditambahkan oleh Nadella bahwa investasi yang diumumkan oleh Microsoft ini mencakup infrastruktur digital, keterampilan, dan dukungan bagi para developer. Diharapkan, ini akan membantu Indonesia untuk terus melaju di era baru AI.

Investasi infrastruktur digital ini merupakan kelanjutan dari inisiatif Berdayakan Indonesia yang Microsoft umumkan pada Februari 2021. Termasuk di dalam inisiatif tersebut yaitu rencana untuk mendirikan wilayah datacenter pertama perusahaan di Indonesia.

Selain itu, investasi ini juga memungkinkan Microsoft untuk memenuhi permintaan terhadap layanan komputasi awan di Indonesia. Hal ini juga akan memungkinkan Indonesia untuk memanfaatkan peluang ekonomi dan produktivitas signifikan, yang dihadirkan oleh teknologi AI.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Kearney, AI dapat menyumbang hampir US$ 1 triliun terhadap produk domestik bruto (PDB) Asia Tenggara pada tahun 2030, dengan Indonesia diproyeksikan menyerap US$ 366 miliar dari jumlah tersebut.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kunjungan Satya Nadella dan bagaimana Microsoft memberdayakan organisasi di Indonesia dengan AI atau kecerdasan buatan, kamu dapat mengunjungi news.microsoft.com/indonesia-visit-2024.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.