NativZen
Advertising Area

Galaxy AI Bahasa Indonesia Bikin Aktivitas Kuliah Lebih Asyik

Transcript Assist dan Note Assist, dua fitur Galaxy AI yang ada pada Galaxy S24 Series dapat membuat aktivitas perkuliahan jadi lebih mengasyikkan.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Samsung, menjelang akhir April 2024 telah mengumumkan bahwa Galaxy AI yang tersedia pada Galaxy S24 Series telah mengadopsi Bahasa Indonesia. Pengumuman tersebut menjadi kabar gembira bagi pengguna smartphone flagship buatan Samsung tersebut.

Tidak hanya memberi kemudahan bagi pengguna untuk berkomunikasi, kehadiran Galaxy AI dengan Bahasa Indonesia ke dalam Galaxy S24 Series tentunya juga dapat membantu produktivitas penggunanya.

Bagi pengguna Galaxy S24 Series untuk mengaktifkan Bahasa Indonesia di Galaxy AI sangat mudah. Caranya, hanya perlu tiga langkah. Pertama-tama, usap layar smartphone Galaxy S24 Series ke atas atau lakukan swipe up.

Selanjutnya, kamu bisa mengetikkan “Language Packs” pada kolom Search, lalu pilih “Language Packs for translation”. Langkah terakhir, kamu dapat mengunduh Bahasa Indonesia. Setelah proses unduh selesai, kini kamu dapat menggunakan Galaxy AI Bahasa Indonesia.

Menggunakan Bahasa Indonesia di Transcript Assist

Salah satu fitur yang dihadirkan oleh Samsung pada Galaxy AI yang dikembangkannya adalah Transcript Assist. Dengan hadirnya Bahasa Indonesia, pengguna kini bisa lebih leluasa dalam meningkatkan produktivitasnya menggunakan fitur tersebut.

Kini, fitur Transcript Assist akan memudahkan pengguna Galaxy S24 Series menerjemahkan materi berbahasa asing ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya dengan lebih cepat. Fitur ini akan sangat berguna saat pengguna ingin merangkum pembicaraan, seperti saat perkuliahan.

Seperti yang kita tahu bersama bahwa membuat transkrip rekaman tidaklah mudah. Jika hal ini dilakukan secara konvensional, tentunya akan membuang banyak waktu. Ya, kamu harus mendengarkan rekaman berulang kali sambil mengetik.

Sementara itu, proses pembuatan transkrip rekaman penting dilakukan ketika kita membutuhkan catatan materi dari dosen saat perkuliahan. Di sinilah fitur Transcript Assist dari Galaxy AI memiliki peranan penting. Kamu dapat mentranskrip rekaman perkuliahan dengan lebih praktis.

Karena Transcript Assist sekarang bisa digunakan untuk mentranskrip dan merangkum rekaman suara  langsung dalam bahasa Indonesia, tidak ada lagi ketinggalan mencatat kata-kata dosen yang berbicara terlalu cepat saat kamu mengikuti jalannya perkuliahan di dalam kelas.

Apa pun yang dijelaskan dosen, kamu bisa rekam menggunakan Galaxy S24 Series. Selanjutnya, manfaatkan AI, dalam hal ini Transcript Assist untuk transkrip, dan summarize inti dari isi perkualiah. Kamu juga bisa menerjemahkan hasil catatan ke 15 bahasa lainnya.

Kamu bisa mengaktifkan Bahasa Indonesia di fitur Transcript Assist dengan cara berikut ini:

  1. Buka aplikasi “Voice Recording”, pilih file rekaman yang diinginkan
  2. Pilih opsi “Transcribe”, kemudian pilih bahasa, lalu tap “Transcribe”
  3. Transkripsi akan ditampilkan secara otomatis. 
  4. Kamu juga bisa merangkum dan menerjemahkan hasil transkripsi dengan memilih file transkripsi yang ingin diterjemahkan, kemudian klik “Summary”, kemudian ikon .

Lebih praktis dengan Note Assist

Fitur Galaxy AI lainnya yang ada pada Galaxy S24 Series dan bisa kamu gunakan untuk mendongkrak produktivitas adalah Note Assist. Dengan fitur ini kamu juga bisa membuat catatan personal dengan lebih praktis.

Dengan berbagai kesibukan yang dihadapi, seperti mengerjakan tugas perkuliahan dari dosen, kamu tentunya perlu memanfaatkan waktu luang untuk bikin catatan to-do list atau catatan personal supaya tidak ada yang terlewat.

Oleh sebab itu, di sinilah Note Assist bisa kamu manfaatkan untuk membuat to-do list dan catatan personal dengan cepat dan mudah. Kamu bisa dengan mengetikkannya atau menggunakan suara.

Caranya cukup tekan simbol mic pada Samsung Keyboard dan menyebutkan to-do list atau kegiatan penting yang perlu kamu catat. Secara otomatis, fitur cerdas ini akan langsung mengubah suara menjadi bentuk teks.

Selanjunya, kamu bisa merapikan catatan yang dihasilkan dan mendeteksi kesalahan ejaan. Tak perlu khawatir, itu pun bisa kamu lakukan lebih cepat dan lebih praktis menggunakan fitur auto-format dan spell check.

Kini, meskipun kamu sibuk menjalani aktivitas perkuliahan dan menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen di kampus, kamu tetap bisa punya catatan personal yang lebih terorganisir dan mudah dibaca.

Untuk merapikan catatan dan mendeteksi kesalahan ejaan, gunakan fitur auto-format dan spell check. Jadi, meskipun sedang sibuk dan terburu-buru, kamu tetap bisa punya catatan yang terorganisir dan mudah dibaca.

Maksimalkan Penggunaan S-Pen

Sementara itu, bagi pengguna Galaxy S24 Ultra, untuk menulis di atas layar smartphone tersebut bisa terbantu dengan adanya S-Pen. Stylus ini sendiri tetap dihadirkan oleh Samsung dengan membawa segudang keunggulan, yang tentunya membedakannya dengan yang lain.

S-Pen yang ada pada Galaxy S24 Ultra telah mengalami peningkatan dengan pengenalan tulisan tangan yang lebih baik. Hal ini memungkinkan stylus tersebut untuk mengonversi tulisan tangan menjadi teks dengan akurasi yang tinggi.

Tidak hanya itu, dengan dukungan AI yang lebih canggih, yang ditanam oleh Samsung ke dalam Galaxy S24 Series, S-Pen dapat memberikan rekomendasi dan saran secara cerdas berdasarkan konteks penggunaan.

Dibekali sejumlah fitur baru penerjemahan langsung, pengenalan objek, dan pengenalan wajah membuat S-Pen semakin bermanfaat dalam berbagai situasi. Oleh karena itu, pena digital ini juga sangat membantu kamu dalam menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan.

Tentu saja yang tak kalah menarik, S-Pen yang menjadi teman setia Galaxy S24 Series memungkinkan pengguna untuk melakukan multitasking dengan lebih efisien, seperti menjalankan beberapa aplikasi sekaligus atau membuat catatan saat menonton video.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.