NativZen
Advertising Area

iPad Air 6th Gen Ditenagai Chipset M2, Kini ada Varian 13 Inci

Apple telah secara resmi meluncurkan iPad Air 6th Gen. Ada dua varian yang diluncurkan, yakni 11 inci dan 13 inci.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Setelah mengalami penundaan, Apple akhirnya beberapa waktu telah meluncurkan tablet iPad Air generasi di acara Let Loose. Ini adalah iPad Air 6th Gen, yang hadir sebagai penerus iPad Air 5th. Seperti yang kita tahu bersama, iPad Air 5th memuli debutnya pada tahun 2022.

Penawaran iPad Air 6th terbaru hadir dengan peningkatan yang sangat dibutuhkan serta desain yang sedikit baru. Kini hadir dalam varian ukuran layar 13 inci yang besar bersama dengan model standar, yakni dengan layar 11 inci.

Ya, untuk pertama kalinya Apple memperkenalkan model 13 inci. Meski begitu, baik varian standar 11 inci maupun yang lebih besar 13 inci, keduanya datang dengan layar Liquid Retina IPS LCD. Varian 13 inci memiliki resolusi 2732 x 2048 piksel dan kecerahan puncak 600 nits.

iPad Air Generasi ke-6 ini mempertahankan desain keseluruhan yang sama seperti pendahulunya dengan bingkai datar, tombol Touch ID di bagian atas, dan tombol volume rocker di sisi kanan. Salah satu perubahan yang mencolok adalah sensor kamera depan.

Apple kini menggeser sensor kamera depan ke sisi kanan, sehingga bisa digunakan saat tablet dipegang dalam mode lanskap. Stylus yang disebut Apple Pencil masih menempel secara magnetis di bingkai kanan tablet.

iPad Air terbaru juga akan kompatibel dengan Pencil Pro yang baru diumumkan. Selain itu, tablet terbaru dari Apple ini juga mendapat fitur Pencil Hover, yang sebelumnya hanya terbatas bisa dinikmati pada model Pro.

Lalu, bagaimana dengan dukungan kameranya? iPad Air 6th Gen tetap mempertahankan kamera yang sama seperti pendahulunya. Ada kamera belakang 12MP dan kamera depan 12MP untuk kebutuhan video call, meeting online atau pun foto selfie.

Kamera belakang 12MP masih mendukung Smart HDR dan perekaman video 4K. Sementara itu, untuk dapur pacunya, Apple membekali tablet ini dengan chipset M2 Apple. Disebut-sebut chipset ini 50% lebih cepat dibandingkan dengan M1 Air.

Kedua varian ditawarkan mulai dengan konfigurasi penyimpanan 128GB, yang berbeda dari generasi sebelumnya. Sedangkan untuk urusan konektivitas, iPad Air 6th Gen sudah dibekali dengan WiFi 6E dan jaringan 5G.

Untuk ukuran 11 inci, iPad Air 6th Gen dijual muali dari harga US$ 599 atau setara Rp 9,6 juta. Sementara, varian 13 inci dijual mulai dari harga US$ 799 atau setara Rp 12,8 juta. Ada empat pilihan warna yang ditawarkan, yakni Blue, Purple, Starlight, dan Space Grey.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.