NativZen
Advertising Area

MacBook Pro 14 Inci dengan Prosesor M3 Dibongkar, Begini Jeroannya

iFixit yang kini memliki subcribers lebih dari 1 juta di kanal YouTube-nya kembali membuat kejutan dengan membongkar MacBook Pro 14 inci.

Advertising Area

NATIVZEN.com – iFixit yang kini memliki subcribers lebih dari 1 juta di kanal YouTube-nya kembali membuat kejutan dengan membongkar MacBook Pro 14 inci. Seperti yang kita tahu, ini adalah laptop terbaru dari Apple yang juga ditenagai dengan prosesor M3.

Setelah dibongkar oleh iFixit, terungkap beberapa detail menarik terkait kontruksi dan desain bagian dalam dari laptop terbaru buatan Apple tersebut. Meskipun tidak ada perubahan besar pada cara penempatan model M3 Pro, tetapi ada perbedaan penting yang harus kalian tahu.

Salah satu perbedaan paling signifikan adalah sistem pendinginnya. M3 Pro memiliki dua kipas untuk mendinginkan chip, sedangkan M3 hanya satu. Hal ini mungkin disebabkan oleh fakta bahwa M3 Pro adalah chip yang lebih kuat dan menghasilkan lebih banyak panas.

Selain itu, M3 Pro juga memiliki heatsink lebih besar daripada M3. Perbedaan besar lainnya antara kedua model ini adalah penyimpanannya. Board M3 memiliki dua modul penyimpanan flash, teorinya mampu menghilangkan hambatan atau bottlеnеcks yang ada sebelumnya.

Artinya M3 seharusnya memiliki kinerja penyimpanan yang lebih cepat dibandingkan dengan M2 Air. Terlepas dari perbedaan ini, desain keseluruhan kedua model ini sangat mirip. Bagian dalam kedua model sebagian besar bersifat modular, dan sebagian besar komponen dapat dengan mudah diganti.

Namun ada beberapa komponen yang dikunci oleh Apple, seperti Touch ID dan sensor lid anglе. Komponen-komponen tersebut dipasangkan pada logic board, sehingga pengguna tidak dapat menggantinya tanpa bantuan alat khusus

Secara keseluruhan, iFixit telah memberikan penilaian bahwa model MacBook Pro terbaru punya skor “Rеpairability” sementara 4 dari 10, dengan harapan bahwa suku cadang dan manual akan disediakan melalui saluran Sеlf Sеrvicе Rеpair yang dibangun oleh Apple.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.