NativZen
Advertising Area

ICQ Dimatikan Selamanya Mulai 26 Juni 2024

Layanan aplikasi pengiriman pesan instan yang begitu populer pada awal tahun 2000-an, ICQ akan “dimatikan” selamanya.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Kabar mengejutkan datang dari ICQ, layanan aplikasi pengiriman pesan instan yang begitu populer pada awal tahun 2000-an. Ya, ICQ yang kini dipegang oleh VK sejak tahun 2010 akan mengakhiri operasinya pada 26 Juni mendatang. 

Berakhirnya operasi ICQ diumumkan langsung oleh VK, perusahaan asal Rusia. Diluncurkan pada tahun 1996 lalu, aplikasi pengiriman pesan instant ini dikenal oleh banyak pengguna PC sebagai salah satu platform yang memungkinkan komunikasi secara real time. 

Seperti yang kita tahu, ICQ menggunakan nomor sebagai identitas pengguna. Tentunya, ini terdengar begitu unik pada masa itu. Selain itu, aplikasi ini juga dikenal dengan notifikasi “Uh oh”, serta kemampuan mengirim pesan kepada pengguna yang offline.

Tercatat, pengguna ICQ bisa mencapai lebih dari 100 juta pengguna yang terdaftar. Ya, itu menjadi masa keemasannya di tahun 2001. Selanjutnya, pada tahun 2010, AOL menjual ICQ kepada Digital Sky Technologies, yang kemudian menjadi Mail.ru dan dikenal sebagai VK.

Terus mengalami perkembangan, ICQ pun mengalami berbagai perubahan. Satu hal yang cukup menarik, peningkatan yang dilakukan oleh VK adalah membuat tampilan atau user interface aplikasi pengiriman pesan instan ini lebih modern.

Tak hanya itu, ICQ pun terus dikembangkan sehingga memiliki fitur panggilan video group yang mendukung hingga 30 partisipan. Namun, ICQ tampaknya lebih lanjut tidak bisa berkompetisi dengan layanan serupa, sehingga kalah populer dengan Zoom dan WhatsApp.

Dengan dikeluarkannya pengumuman berakhirnya layanan ICQ pada tanggal 26 Juni nanti, VK hanya bisa menghimbau agar pengguna aplikasi pengiriman pesan instan tersebut untuk beralih ke layanan lainnya.

Ya, dengan “kematian” ICQ, tak sedikit yang beranggapan bahwa ini menandai akhir dari era layanan tersebut. Seperti yang telah disebutkan, masa keemasannya mampu memberikan pengalaman komunikasi digital bagi jutaan orang di seluruh dunia.

nativzen.com turut berduka cita!

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.