NativZen
Advertising Area

Review Infinix GT 20 Pro 5G: Bawa Performa dan Layar Andalan

Infinix GT 20 Pro 5G datang sebagai smartphone gaming terjangkau yang menawarkan performa serta layar yang dapat diandalkan.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Tak sedikit pabrikan smartphone yang merilis perangkat terbarunya menyasar mereka yang hobi memotret atau merekam video. Tetapi, tak sedikit sedikit juga pabrikan smartphone yang merilis perangkat terbarunya mengincar mereka yang suka bermain game.

Adalah Infinix yang begitu piawai untuk melihat ceruk industri game di Indonesia yang terus tumbuh. Hal ini ditunjukkan oleh Infinix yang pada akhir bulan Mei 2024 meluncurkan Infinix GT 20 Pro 5G, sebagai penerus GT 10 Pro yang.

Jika dilihat dari desain dan dukungan spesifikasi yang dibawanya, Infinix GT 20 Pro memang secara nyata mengincar segmen pengguna gadget yang hobi bermain game. Bagiamana tidak! Dari segi desain, smartphone ini masih menawarkan potongan mecha yang terlihat begitu gagah.

Nah, menariknya, Infinix kembali membukakan pintu untuk nativzen.com yang memang penasaran dengan GT 20 Pro 5G. Untuk itu, selama dua pekan, smartphone gaming tersebut dijadikan daily driver untuk menemani liputan dan aktivitas lainnya.

Unboxing Infinix GT 20 Pro

Seperti biasa, sebelum mengupas lebih dalam Infinix GT 202 Pro, nativzen.com akan memberikan gambaran mengenai boks kemasan smartphone tersebut. Lagi dan lagi, Infinix menggandeng sebuah kompetisi game ternama untuk memasarkan smartphone ini.

Ya, Infinix GT 202 Pro 5G adalah smartphone resmi “MLBB Development League Indonesia” Season 10. Karena itu, pada boks kemasannya, Infinix juga menyantumkan kalimat bertuliskan Official Gaming Phone of MDL.

GT 20 Pro 5G dipasarkan dengan boks yang didominasi warna hitam. Selain logo Infinix, kamu juga akan menemukan logo Mobile Legends: Bang Bang. Ada juga teks bertuliskan GT 20 Pro yang cukup besar bersanding dengan ukuran memori yang ditawarkan pada boks ini.

Jika kamu bergeser ke bagian belakang dari boks kemasan ini, kamu juga bisa menemukan spesifikasi dari smartphone terbaru Infinix ini. Ya, selain mencantumkan chipset yang digunakan, Infinix juga buka-bukaan dengan dukungan lainnya yang disematkan.

Sekarang, kita buka boks kemasannya. Pertama kali, kamu akan langsung menemukan sebuah boks kemasan berwarna hitam yang dibuat cukup menarik. Jika boks tersebut dibuka, kamu kembali menemukan boks bertuliskan Grand -Gaming Tour Outplay the Rest – Infinix GT.

Nah, di dalam boks tersebut Infinix menyimpan lembar petunjuk penggunaan dan kartu garansi, serta screen protector yang juga diserta pentunjuk pemasangan. Tentunya, tak ketinggalan, Infinix juga menyertakan hard-case berwarna hitam dan SIM Card ejector.

Sementara itu, unit perangkat GT 20 Pro 5G dibungkus rapi oleh plastik berwarna perak mengkilap yang dikombinasikan dengan warna biru di bagian bawahnya. Lagi dan lagi, Infinix juga mempelihatkan “key point” dari smartphone barunya itu, seperti chipset dan dukungan lainnya.

Nah, di paling bawah yang ada di dalam boks kemasan Infinix GT 20 Pro 5G, kamu akan menemukan dua buah aksesoris yang memang selalu disertakan, yakni kabel pengisian daya dengan ujung USB Type-C yang dibuat lebih unik serta kepala charger, keduanya berwarna putih.

Cyber Mecha Lighting

Sekarang mari kita kupas bagian eksterior dari Infinix GT 20 Pro 5G. Masih seperti model GT 10 Pro yang dirilis pada tahun lalu, Infinix masih memberi sentuhan Cyber Mecha Design. Ya, desain yang tampak unik, menyerupai bodi robot.

Berbeda dengan pendahulunya, Infinix memberikan peningkatan yang terbilang sangat signifikan pada sisi panel bagian belakang smartphone ini. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan kehadiran Cyber Mecha Lighting.

Ya, meski sebagian orang menilainya ini sebuah gimik, namun, nativzen.com mengakui, Infinix sebenarnya ingin menunjukkan bahwa GT 20 Pro 5G adalah smartphone gaming yang menawarkan desain kekinian, dan tampak lebih futuristiik.

Kehadiran Cyber Mecha Lighting menjadikan panel belakang smartphone ini dapat menyala berkat adanya sejumlah lampu LED yang ditanam. Ini bisa mengikuti pengaturan yang ditentukan oleh pengguna, seperti saat memutar musik, ada panggilan masuk atau saat pengisian daya.

Perlu kamu ketahui, memiliki desain kekinian, panel belakang GT 20 Pro 5G ditutup oleh plastik polikarbonat transparan. Ada tiga pilihan warna yang ditawarkan, yakni Mecha Blue, Mecha Orange, dan Mecha Silver. Perangkat yang ada di tangan nativzen.com ada warna Mecha Silver.

Kekurangannya, bodi belakang Infinix GT 20 Pro 5G yang ditutup plastik polikarbonat mudah kotor oleh sidik jari. Selain itu, juga terasa begitu licin, apalagi jika tangan kamu basah atau mudah berkeringat. Tenang, kamu bisa mengatasinya dengan memasang hard-case yang disediakan.

Ya, ada juga tiga buah lensa yang disematkan oleh Infinix pada smartphone barunya ini di bagian belakangnya. Dua lensa disusun secara vertikal, sementara satu lensanya lagi disusun vertikal bersama dengan Quad-LED flash yang dibentuk seperti cincin.

Seluruh lensa berikut dengan LED flash dimuat ke dalam satu rumah kamera yang begitu besar dan sedkit menonjol. Untuk terlihat lebih gagah dan elegan, Infinix juga memberi sentuhan lempengan silver yang di atasnya dilapisi kaca. Tak ketinggalan tulisan “OIS 108MP Camera”.

Untuk memastikan bahwa ini adalah perangkat yang masuk ke dalam seri GT, Infinix juga memuat tulisan “Infinix GT” berwarna silver. Sayangnya, tulisan tersebut akan tidak terlihat jika kamu memasang hard-case pada smartphone ini.

Kemewahan lainnya yang bisa kamu temukan ada pada bagian bingkai dari GT 20 Pro 5G. Infinix mengikat smartphone ini dengan bingkai yang terbuat dari plastik polikarbonat, tetapi diberi sentuhan akhir warna silver sehingga tampak seperti perangkat kelas premium.

Tombol volume dan daya yang saling berdampingan ditempatkan pada sisi bingkai sebelah kanan. Sisi bingkai sebelah kiri dibuat polos, dan sisi bingkai atas, Infinix menempatkan lubang speaker bertuliskan SOUND BY JBL yang bersanding dengan lubang mikrofon.

Jika kamu bergeser ke sisi bingkai bagian bawah, kamu akan menemukan slot untuk menempatkan SIM Card (SIM 1 & SIM 2). Ya, tidak ada baki untuk menempatkan kartu microSD. Selain itu, ada juga lubang mikrofon, port USB Type-C, dan lubang speaker.

Layar AMOLED FullHD+ 144Hz

Memiliki desain yang menarik pada panel bagian belakangnya, lalu bagaimana dengan bagian tampilan alias layarnya? Nah, untuk sektor ini, Infinix pun tak mau main-main. GT 20 Pro 5G datang dengan panel layar AMOLED.

Ukuran layarnya adalah 6,78 inci dengan resolusi FHD+. Semakin terlihat begitu mewah, layarnya ini sudah mengadopsi bezel-less, dengan kata lain keempat bingkai di sisi-sisi layarnya sudah begitu tipis. Smartphone ini juga memiliki layar dengan rasio screen-to-bodi mencapai 94,3%.

Tentunya dengan dukungan rasio layar yang begitu tinggi, kamu akan merasa lebih puas ketika menggunakan GT 20 Pro 5G ini untuk nonton film favorit via aplikasi YouTube atau Netflix. Menariknya lagi, layar smartphone ini memiliki refresh rate yang sangat tinggi, yakni 144Hz.

Dukungan lainnya adalah color gamut DCI P3 100% yang mampu menampilkan visual lebih berwarna serta Peak Brightness hingga 1.300nit. Jadi, kamu tak perlu cemas ketika mengoperasikan smartphone ini di luar rumah saat berada di bawah terik matahari.

Kamu pun tak perlu khawatir untuk menatap layar Infinix GT 20 Pro 5G ini dalam waktu yang lama, misalnya saat bermain game Mobile Legends: Bang Bang. Sebab, perangkat ini juga telah menyertakan sertifikasi TÜV Rheinland Eye Comfort Certification Mark.

Tentu saja yang menjadi daya tarik kemewahan lainnya dari layar Infinix GT 20 Pro 5G ini adalah dukungan keamanan yang disematkan. Ya, datang dengan layar AMOLED, smartphone ini telah dibekali pemindai sidik jari di dalam layar alias in-display fingerprint unlock.

Selain itu, layar smartphone ini juga dipercantik dengan punch-hole di bagian atas yang menjadi rumah untuk kamera depan. Hanya saja, layar smartphone ini belum dilindungi dengan lapisan screen-protector yang kamu harus pasang sendiri, dan tersedia dalam paket penjualannya.

Terkait dengan keergonomisan, Infinix GT 20 Pro 5G datang dengan bingkai dan layar flat. nativzen.com merasakan bahwa smartphone ini masih nyaman digenggam meskipun memiliki dimensi dengan ukuran 164.3 x 75.4 x 8.2 mm dan bobotnya kurang dari 200 gram.

Ketika sedang tidak digunakan, dan kamu ingin menyimpannya ke dalam saku celana, juga masih terasa nyaman. Namun, sekali lagi, kamu harus berhati-hati dengan layarnya yang belum terpasang screen-protector jika menyimpan smartphone ini di saku celana bersama uang logam.

Ditenagai Dimensity 8200 Ultimate Ultimate

Memiliki desain kekinian dan dukungan layar yang tak bisa dipandang sebelah mata, lalu bagaimana dengan performanya? Tampaknya, Infinix benar-benar meramu Infinix GT 20 Pro 5G sebagai smartphone gaming untuk semua kalangan dengan dual chipset yang bertenaga.

Pertama-tama, kamu yang hobi bermain game di smartphone akan dimanjakan oleh chipset Dimensity 8200 Ultimate yang membawa teknologi 5G. Chipset racikan MediaTek ini lahir dengan fabrikasi 4nm, tak hanya bertenaga tetapi juga hemat dalam pemakaian daya.

Dimensity 8200 Ultimate yang ditanam ke dalam GT 20 Pro 5G ini memiliki CPU dengan arsitektur Octa core alias delapan inti, dengan konfigurasi satu inti Cortex-A78 3,1 GHz yang berpasangan dengan tiga inti Cortex-A78 3,0 GHz dan empat inti Cortex-A55 2,0 GHz.

Sementara itu, chipset ini juga sudah terintegrasi dengan GPU Mali-G610 MC6. Namun, seperti disebutkan di atas, Infinix membenamkan dual chipset ke dalam Infinix GT 20 Pro 5G, dan chipset yang kedua adalah Pixelworks X5 Plus.

Bagi kamu yang penasaran dengan Pixel X5 Plus, itu adalah chipset Gaming Display yang sengaja ditanam oleh Infinix ke dalam GT 20 Pro 5G. Berkat chipset tersebut, kamu akan merasakan pengalaman bermain game di smartphone dengan visualisasi yang lebih baik.

Ya, dengan dukungan Pixelwork X5 Plus, ini akan mendorong frame rate dari 60fps menjadi 120fps. Dengan begitu game yang kamu mainkan akan terasa lebih mulus. Selain itu, efisiensi daya smartphone juga lebih meningkat berkat teknologi Adaptive Game.

Lalu, bagaimana dengan dukungan memorinya? Infinix GT 20 Pro hadir dengan dukungan RAM hingga 12GB. Tak ketinggalan, Infinix juga menyematkan fitur RAM Virtual yang bisa kamu manfaatkan untuk menambah RAM hingga 8GB.

Sementara, untuk kapasitas penyimpanan internalnya alias ROM yang disematkan ke dalam smartphone ini adalah 256GB. Ya, kamu harus pintar-pintar mengelola kapasitas penyimpanan yang ada, karena GT 20 Pro 5G tidak dibekali dengan slot untuk menyimpan kartu microSD.

Bergeser ke sektor catu daya, Infinix membekali GT 20 Pro 5G dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Menariknya, Infinix memperkaya smartphone ini dengan fitur pengisian cepat 45W yang dilengkapi Hyper Charge Mode.

Tak hanya dapat mengisi baterai lebih cepat, dukungan Hyper Charge Mode juga memberikan rasa aman saat proses pengisian daya berlangsung. Ya, ini tentunya tak lepas dari teknologi kecerdasan yang memang sudah diadopsi oleh Infinix ke dalam GT 20 Pro 5G.

Soal inovasi, rasanya Infinix sudah tidak bisa dipandang sebelah mata. Terkait dengan performa gaming pada GT 20 Pro 5G, smartphone ini juga dibekali dengan Stable Frame-rate Engine yang mengoptimalkan gameplay dengan keseimbangan suhu dan konsumsi daya.

Teknologi tersebut mencakup Xboost for GT untuk manajemen performa secara berkelanjutan. Sementara itu, untuk mempertahankan kinerja smartphone saat melakukan aktivitas gaming, Infinix GT 20 Pro 5G juga membenamkan teknologi cooling system yang telah ditingkatkan.

Perlu kamu ketahui, peningkatan pada cooling system yang dilakukan oleh Infinix juga tak main-main. Pertama, sistem pendingin tersebut membungkus area SoC hingga 360 derajat, dan pada akhirnya mampu menekan uap panas yang dihasilkan hingga 66% lebih.

Kedua, peningkatan cooling system yang dilakukan oleh Infinix adalah memperlebar penggunaan VC Liquid Cooling hingga lebih dari 73% dan juga memperluas area PCM graphite hingga lebih dari 68% untuk suhu yang tetap stabil.

Tak ketinggalan, Infinix GT 20 Pro 5G juga mengadopsi Esports Mode untuk pengalaman gaming tanpa disrupsi. Mode ini memungkinkan kamu untuk memblokir segala notifikasi yang mungkin mengganggu jalannya permainan.

Infinix GT 20 Pro juga membawa sistem operasi XOS for GT berbasiskan Android 14. Hal ini untuk menjamin pengalaman menggunakan smartphone tanpa gangguan. Sistem operasinya juga secara rutin di-update lewat dua kali upgrade Android dan tiga tahun Security Patch Update.

Ditenagai Dimensity 8200 Ultimate, RAM 8GB + 8GB, dan ROM 256GB, tentu saja nativzen.com penasaran dengan performa yang dimiliki oleh Infinix GT 20 Pro 5G. Untuk itu, dilakukanlah benchmark dengan beberapa aplikasi populer, dan hasilnya seperti di bawah ini.

Sementara, untuk menguji daya tahan baterainya, nativzen.com menggunakan Infinix GT 20 Peo 5G untuk bermain game. Ada dua game yang dimainkan, yakni PUBG Mobile dan Mobile Legends Bang Bang (MLBB), yang masing-masing dimainkan selama 1 jam.

Saat memainkan PUBG Mobile selama 1 jam, baterai yang ada pada Infinix GT 20 Pro 5G terpakai hingga 15%, dan ketika memainkan MLBB dengan durasi yang sama, baterai yang terkuras sebanyak 13%. Untuk pemakaian normal, baterainya bisa bertahan seharian.

Dukungan Kamera Utama 108MP

Infinix memang menekankan bahwa kehadiran GT 20 Pro 5G di Indonesia adalah untuk menjawab permintaan para penggemarnya yang menginginkan smartphone gaming bertenaga dengan harga terjangkau.

Meski begitu, bukan berarti Infinix mengabaikan sektor lainnya, seperti dukungan kamera yang disematkan. Ya, cukup mengejutkan bahwa smartphone ini telah dibekali dengan kamera utama 108MP, yang tentunya bisa kamu manfaatkan untuk memotret atau merekam momen menarik.

Seperti telah disebutkan di atas, Infinix GT 20 Pro 5G ini punya tiga buah kamera di bagian belakang, yang juga diperkaya dengan Quad-LED flash. Nah, kamera utama 108MP yang ada juga ditemani dengan lensa makro 2MP dan lensa bokeh 2MP.

Selain dukungan AI untuk menghasilkan konten foto dan video yang berkelas, Infinix juga sudah melengkapi kamera belakang pada smartphone ini dengan OIS. Dengan begitu, perangkat ini terbilang aman untuk digunakan oleh kamu yang memiliki tangan mudah bergetar atau shaky.

Infinix juga menyediakan skenario pemotretan dan perekaman video yang cukup beragam. Bagi kamu yang hobi memotret close-up dengan efek latarbelakang nge-blur alias bokeh, bisa menggunakan opsi Portrait.

Atau mau mengabadikan keindahan malam di perkotaan, kamu bisa memotret menggunakan opsi Super Night. Mode pemotretan lainnya yang bisa kamu manfaatkan adalah Mode Pro dan Super Macro.

Pada Infinix GT 20 Pro 5G kamu juga bisa menemukan mode pemotretan yang “fun”, yakni dengan memilih mode Sky Shop. Dengan mengarahkan kamera ke subjek dengan latarbelakang langit, kamu akan disajikan cukup banyak pilihan filter yang bisa digunakan.

Ya, kamu bisa memilih efek pelangi, langit berbintang, hingga aurora yang memukau. Dengan kata lain, langit sebagai latarbelakang dari subjek yang difoto bisa menjadi kanvas yang menarik untuk kamu potret.

Sementara, jika kamu menggunakan Infinix GT 20 Pro 5G untuk membuat konten video, selain mode Video, Infinix juga menyertakan sejumlah mode perekaman yang dapat kamu gunakan, ini mencakup Slow Motion, Time-Lapse, dan Dual Video.

Untuk perekaman video, Infinix GT 20 Pro memberikan beberapa opsi resolusi yang bisa kamu gunakan. Ya, smartphone gaming seharga Rp 4 jutaan ini mampu merekam video dengan resolusi hingga 4K 60fps atau 30fps.

Dan untuk kamu yang gemar foto selfie, Infinix GT 20 Pro juga sudah dijejali kamera depan dengan sensor 32MP. Selain mode Photo, kamu juga bisa memilih mode pemotretan lainnya menggunakan kamera depannya ini, salah satunya adalah Portrait Mode.

Contoh foto yang dibidik menggunakan Infinix GT 20 Pro:

Kesimpulan

Dalam meramu Infinix GT 20 Pro 5G sebagai smartphone gaming, Infinix juga melengkapi smartphone barunya ini dengan teknologi dan fitur terkini. Seperti yang sudah disinggung di atas, smartphone ini juga dibekali dengan chipset Gaming Display Pixelworks X5 Plus.

Dukungan Pixelwork X5 Plus ini akan mendorong frame rate dari 60fps menjadi 120fps. Dengan begitu game yang kamu mainkan akan terasa lebih mulus. nativzen.com pun bisa merasakan ketika memainkan game Genshin Impact pada smartphone ini.

Infinix juga tampaknya sukses untuk meningkatkan cooling system yang ada pada GT 20 Pro 5G. Ketika memainkan game apapun secara marathon, smartphone ini tidak menimbulkan rasa panas yang berlebih.

Fitur pendukung lainnya yang membuat Infinix GT 20 Pro 5G ini dinilai mampu mencuri perhatian adalah dukungan NFC. Melalui fitur tersebut, kamu tak hanya bisa cek kartu e-money, tetapi juga bisa melakukan top-up atau pengisian ulang dengan lebih mudah dan cepat.

Tidak kalah menarik adalah terkait dengan dukungan audio yang ditawarkan. Ya, Infinix GT 20 Pro 5G datang dengan dual stereo speaker. Tak hanya itu, dukungan dual stereo speaker yang ada pada ponsel ini disetel oleh JBL sehingga audio yang dihasilkan terasa lebih imersif.

Sementara itu, terkait dengan dukungan perangkat lunak, Infinix juga menjanjikan akan memberikan update hingga dua kali untuk sistem operasi Android dan tiga tahun untuk Security Patch Update.

Infinix memasarkan Infinix GT 20 Pro 5G dengan harga Rp 4.399.000 untuk pilihan RAM 8GB yang bersanding dengan internal storage 256GB. Sementara, untuk RAM 12GB dan internal storage 256GB, smartphone ini ditawarkan dengan harga Rp 4.699.000.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.