NativZen
Advertising Area

Kemenkominfo Terus Berupaya Memulihkan Gangguan PDN

Tidak tinggal diam, Kemenkominfo terus berupaya membenahi gangguan yang dialami server Pusat Data Nasional alias PDN.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Sejak tanggal 20 Juni 2024, server Pusat Data Nasional (PDN) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengalami gangguan. Hal ini menyebabkan banyak layanan publik menjadi terhambat, salah satunya adalah proses keimigrasian di Bandara Soekarno Hatta.

Disebutkan oleh Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Silmy Karim seperti dikutip dari Kompas.com bahwa sistem perlintasan di bandara dan pelabuhan belum dapat beroprasi normal hingga per Sabtu kemarin, (22/06).

Di sisi lain, Dirjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo Semuel Abrijani menyatakan bahwa layanan imigrasi di Bandara Soekarno Hatta akan kembali beroperasi secara bertahap dan pihaknya juga masih terus berkoordinasi dengan Badan Siber Sandi Nasional (BSSN) dan Polri.

Melalui siaran pers yang juga ditampilkan di situs resmi Kementerian Komunikasi dan Informasi RI pada tanggal 23 Juni 2024 terkait dengan gangguan PDN, Kominfo juga tidak tinggal diam dan menyampaikan perkembangan terbaru sebagai berikut:

  • Direktorat Jenderal Imigrasi terus melakukan pemulihan layanan keimigrasian sehingga sistem berangsur pulih. Sistem autogate maupun counter petugas imigrasi sudah dapat berfungsi, baik di pintu keberangkatan maupun pintu kedatangan.
  • Untuk sistem layanan lainnya, saat ini masih terus dilakukan upaya pemulihan dan langkah mitigasi untuk mencegah dampak yang lebih luas. Penanganan dilakukan dengan menetapkan skala prioritas untuk mempertahankan layanan publik yang optimal. 

Selain itu, Kemenkominfo selaku kementerian yang bertanggung jawab dalam pengembangan PDN juga menyampaikan permohonan maaf atas penurunan kualitas layanan yang terjadi akibat gangguan tersebut. 

Sementara itu, tak sedikit pengamat cybercrime di Tanah Air yang menduga kuat bahwa gangguan yang dialami oleh Pusat Data Nasional atau PDN karena serangan ransomeware. Oleh karena itu, penanganannya memang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Gangguan PDN berdampak pada layanan imigrasi Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) menyatakan, semua layanan keimigrasian terdampak adanya gangguan sistem PDN.

Gangguan tersebut sebelumnya juga banyak dikeluhkan oleh masyarakat yang mengantre di Bandara Internasional Seokarno-Hatta melalui media sosial X dan Instagram. Karena itu, Silmy menyarakan bagi masyarakat yang ingin ke luar negeri bisa datang lebih awal ke bandara.

“Masyarakat yang ingin bepergian ke luar negeri dengan pesawat disarankan untuk datang lebih awal ke Soekarno Hatta. Meski PDN mengalami gangguan, masyarakat tetap bisa bepergian ke luar negeri maupun masuk ke dalam negeri,” pungkas Silmy.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.