NativZen
Advertising Area

Review realme Buds Air6: Punya Fast Charging, Bisa Memutar Musik Hingga 40 Jam

Memperkaya lini TWS yang dikembangkannya, realme menghadirkan realme Buds Air6 di pasar Indonesia yang membawa banyak hal menarik.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Bersama dengan kedatangan realme GT 6, realme juga melengkapi lini TWS yang dikembangkannya dengan menghadirkan realme Buds Air6 Series. Ada dua model TWS yang dihadirkan, yakni realme Buds Air6 dan realme Buds Air6 Pro.

Nah, realme kembali memberi kesempatan kepada nativzen.com untuk mereview salah satu TWS terbarunya itu, yakni realme Buds Air6. Datang sebagai TWS terbaru, tentu saja realme telah membekali dengan banyak fitur menarik di dalamnya.

Unboxing realme Buds Air6

Sebelum lebih jauh membahas beragam fitur yang dimuat ke dalam realme Buds Air6, ada baiknya kita mengetahui paket penjualan atau isi boks dari TWS tersebut. Ya, realme memasarkan TWS terbarunya ini dalam sebuah boks yang didominasi warna putih.

Pada bagian muka dari boks penjualan realme Buds Air6, kamu bisa langsung melihat gambaran TWS tersebut dalam kondisi terbuka, dengan kedua earbuds yang melayang di atas case atau wadah tempat penyimpanan, yang sekaligus untuk pengisian dayanya.

Untuk diketahui, realme Buds Air6 hadir dalam dua pilihan warna, yakni Flame Silver dan Forest Green. Nah, unit TWS yang ada di tangan nativzen.com adalah realme Buds Air6 dengan balutan warna Flame Silver.

Menariknya, realme Buds Air6 dengan balutan warna Flame Silver ini dipermanis oleh realme dengan sentuhan warna Orange di bagian dalamnya. Tentu saja, hal ini membuat TWS tersebut tampak tidak begitu monoton, bahkan nativzen.com melihatnya menjadi TWS yang mewah.

Untuk memudahkan konsumen mengetahui key point yang dimiliki oleh realme Buds Air6, realme juga memuat sejumlah keunggulan pada boks penjualan. Ada enam key point yang dimuat, dan itu bisa dilihat pada sisi samping boks penjualan.

Keenam key point tersebut adalah 6-Mic Call Noise Cancellation, Up to 40 Hours of Playback, Matte Metal Style Surface Process, 12.4mm Deep Bass View, Dynamic Bass Boost, dan 50dB Smart Active Noise Cancellation.

Sekarang, mari kita lihat isi dari boks penjualan realme Buds Air6. Saat dibuka, kamu langsung akan menemukan case unit TWS yang dilapisi plastik transparan. Case tersebut berwarna Silver yang memiliki sentuhan bergaya Matte Metal.

Selain itu, pada kompartemen lainnya dari boks penjualan Buds Air6, realme juga memuat kabel USB Type-C berwarna putih untuk pengisian daya, lembar pemakaian (user guide) dan kartu garansi, serta sepasang karet earpiece yang tersedia dalam dua ukuran.

Case dan Earbuds realme Buds Air6

Seperti yang telah disebutkan, bagi kamu yang tertarik dengan realme Buds Air6, TWS terbaru dari realme ini dipasarkan dalam dua pilihan warna, yakni Flame Silver dan Forest Green. Case TWS ini juga memiliki ukuran yang proporsional untuk masuk ke dalam saku baju atau celana.

Dimensi case TWS ini berukuran 68.1mm x 50.8mm x 23.8mm. Sementara, berat keseluruhan TWS ini adalah 1 gram. Kedua earbuds yang ada di dalam case TWS ini juga terbilang sangat ringan, yakni hanya 0,2 gram per earbud.

Pada bagian case, realme juga memuat logo khas “realme” yang juga berwarna silver, tetapi dengan warna lebih gelap. Semenetara, di bawah logo tersebut, realme menempatkan sebuah lampu kecil yang menjadi indikator kondisi baterai.

Jika kondisi baterai pada case realme Buds Air6 kurang dari 20%, lampu tersebut akan menyala berwarna merah, yang artinya kamu harus segera melakukan pengisian daya. Di atas 20%, lampu indikator tersebut akan berwarna hijau, dan menyala selama 3 detik ketika case dibuka.

Untuk pengisian daya, case ini memiliki port USB Type-C yang bisa kamu temukan di bagian bawah, berdampingan dengan tombol casing pengisi daya. Kapasitas baterai yang terpasang pada case adalah 460mAh, dan TWS ini juga telah dilengkapi fitur fast charging.

Lalu, bagaimana dengan kedua earbuds yang ada di dalam case realme Buds Air6? Seperti yang telah disinggung, masing-masing earbuds memiliki bobot yang begitu ringan sehingga ketika terpasang tidak membebani telinga. Kapasitas baterai masing-masing earbud adalah 58mAh.

Dijejali Segudang Teknologi Audio Terkini

Untuk memberikan output suara yang sempurna agar kamu bisa menikmati lagu-lagu kesukaan lebih maksimal, realme Buds Air6 juga telah tersertifikasi Hi-Res dan menggunakan teknologi transmisi HD LHDC5.0.

Ada tiga teknologi noise cancellation yang disematkan oleh realme ke dalam TWS ini, yang meiliputi 50dB Active Noise Cancelation, 4000Hz Ultra-wide Band Noise Cancelation, dan 6-mic Call Noise Cancelation.

Ya, realme Buds Air6 memiliki 50dB Active Noise Cancelation pertama di segmen harganya. Sementara, dua dukungan lainnya mampu menciptakan pengalaman peredam bising ke tingkat yang lebih maksimal.

Seri Buds Air terbaru dari realme ini juga menghadirkan kualitas suara terbaik. Hal ini tentunya tidak lepas dari dukungan 12.4mm Mega Titanizing Driver, Dynamic Bass Boost, dan Individual Rear Cavity Design.

realme Buds Air 6 telah mendapatkan sertifikasi Gold Standard untuk High-Resolution Audio (Hi-Res Audio). Ini adalah standar untuk audio berkualitas tinggi, dan output audio TWS terbaru dari realme juga telah disertifikasi oleh industri sebagai earbuds dengan output suara profesional.

Teknologi codec audio yang digunakan oleh realme Buds Air6 ini adalah LHDC 5.0. Codec audio ini telah mendukung audio sampling rate tingkat mastering 24bit/96kHz, yang merupakan audio sampling rate tertinggi yang didukung oleh protokol transmisi Bluetooth saat ini.

Selain itu, LHDC 5.0 memiliki bandwidth 1Mbps, tiga kali lebih tinggi dibandingkan dekoder SBC tradisional, sehingga TWS ini dapat menyemburkan audio yang lebih berkualitas. LHDC 5.0 juga secara adaptif dapatmenyesuaikan bit rate sesuai dengan kualitas koneksi Bluetooth dan sumber audionya.

realme Buds Air6 juga dilengkapi 12.4mm Mega Titanizing Driver. Dibandingkan dengan driver 9mm biasa, area getaran 12.4mm Mega Titanizing Driver yang baru ini meningkat secara signifikan, yakni sebesar 89%.

Dengan dukungan driver yang lebih besar, realme Buds Air6 mampu menghadirkan bass yang lebih penuh, suara yang megah, dan vokal yang jernih. Dengan kata lain, mendengarkan musik menggunakan TWS ini akan terasa seperti masuk ke dalam musik tersebut secara langsung.

Sementara itu, lapisan titanium juga membuat diafragma lebih rigid, dan HTW Wire Coil tegangan tinggi serta Magnet N52 membawa kualitas suara realme Buds Air6 ke level yang lebih baik. Ya, TWS ini tetap mempertahankan reproduksi detail instrumen tingkat tinggi.

Keunggulan lainnya yang ditawarkan oleh realme Buds Air6, kamu juga dapat mengatur intensitas bass secara otomatis sesuai keinginan. Hal ini berkat adanya teknologi Dynamic Bass Boost yang dapat menganalisis sumber audio dengan lebih cerdas.

Sistem ini secara dinamis mengkompensasi sumber suara dengan frekuensi rendah yang lemah, sementara hanya sedikit mengkompensasi bass yang kuat dari sumber aslinya. Terlepas dari volume, teknologi ini mampu mencegah gangguan berlebihan akibat distorsi.

Sementara itu, dukungan Individual Rear Cavity Design generasi baru yang ada pada realme Buds Air6 ini telah menggunakan jaring peredam yang lebih rendah dan mampu meningkatkan kinerja frekuensi rendah dan menengah.

Tidak hanya dapat menghasilkan guncangan frekuensi rendah, fitur Individual Rear Cavity Design ini juga dapat menjaga suara yang dikeluarkan oleh realme Buds Air6 tetap jernih, sehingga menghadirkan kenikmatan pendengaran layaknya berada di sebuah teater.

Dukungan Tiga Teknologi Noise Cancellation

realme Buds Air6 adalah TWS dengan 50dB Active Noise Cancelation pertama di segmen harganya. Hal ini merupakan peningkatan kedalaman pengurangan kebisingan maksimum sebesar 267% dibandingkan dengan kedalaman pengurangan kebisingan 42dB.

Gelombang akustik dikeluarkan untuk mengimbangi dan mendeteksi sisa gelombang akustik. Kebisingan eksternal dan kebisingan internal di saluran telinga dideteksi untuk membentuk efek peredaman dan mencapai active noise cancelation yang dapat diandalkan.

Setiap earbud yang ada pada realme Buds Air6 telah dilengkapi dengan mikrofon feed forward dan feedback dengan rasio signal-to-noise tinggi 64dB dan chipset active noise cancelation enam inti yang powerful untuk mencapai 4000Hz Ultra-Wide Band Noise Cancelation.

,Ada juga peningkatan bandwidth noise cancelation sebesar 33% jika dibandingkan dengan pendahulunya. Dukungan band noise cancelation yang lebih lebar memberikan efek peredam bising yang lebih baik untuk suara.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan pengalaman mendengarkan output suara yang lebih jelas, bahkan saat berada di tengah-tengah keriuhan suara. Ya, TWS ini dapat secara cerdas mengidentifikasi kebisingan dalam berbagai skenario, seperti di dalam ruangan dan di jalan.

Earbud dengan cerdas menyesuaikan kedalaman noise cancelation berdasarkan karakteristik kebisingan yang berbeda dan memilih mode noise cancelation yang paling sesuai bagi pengguna, dengan mempertimbangkan kenyamanan dan efek noise cancelation.

Berdasarkan algoritma Neural Network Noise Cancelation, realme Buds Air6 juga secara efisien mengintegrasikan karakteristik sinyal dari setiap tiga mikrofon monaural, mengekstrak suara manusia yang jernih secara real-time, dan menjadikan panggilan suara lebih jelas.

Baterai Besar, Didukung Fast Charging

realme Buds Air6 menghadirkan baterai berkapasitas besar yang memberikan masa pakai lebih panjang, yakni mencapai 40 jam. Dengan kata lain, pengguna dapat mendengarkan musik lima sampai enam jam sehari tanpa mengisi ulang casingnya selama seminggu.

Case realme Buds Air6 telah dibekali baterai berkapasitas 460 mAh. Sementara itu, satu earbud dilengkapi dengan baterai 58 mAh. TWS ini sudah menggunakan port Type-C untuk memberikan pengalaman pengisian daya yang cepat.

Pengguna dapat mendengarkan musik selama 7 jam hanya dengan pengisian daya selama 10 menit. Dengan adanya fast charge, pengguna tidak perlu direpotkan dengan seringnya mengisi daya dan dapat menikmati pengalaman penggunaan tanpa rasa khawatir.

Untuk urusan konektivitas, realme Buds Air6 telah dilengkapi dengan Bluetooth 5.3. Ya, TWS ini menawarkan transmisi cepat, anti-interferensi yang kuat, dan stabilitas sinyal yang tinggi, serta dapat mencapai latensi super rendah, yakni 55ms dalam game mode.

Dukungan tersebut juga memastikan sinkronisasi audio dan video serta memberikan pengalaman bermain game yang lebih lancar. Selain itu, jarak transmisi sepanjang 10 meter memungkinkan kamu tetap bisa menikmati musik yang lancar meski smartphone berada di ruangan lain.

Kontrol Sentuh yang Cerdas

realme Buds Air6 yang telah dibekali sertifikasi IP55 untuk kedap air dan cipratan air juga memiliki kontrol sentuh yang cedas. Sentuh dua kali earbuds yang terpasang di telinga, ini berfungsi untuk memutar/menjeda musik yang sedang didengar atau menjawab/mengakhiri panggilan telepon.

Sentuh tiga kali, ini berfungsi untuk memutar lagu berikutnya. Tekan dan tahan selama dua detik, gesture ini berfungsi untuk beralih mode kendali kebisingan (noise calcellation aktif atau tidak aktif) dan juga berfungsi menolak panggilan.

Sementara, jika kamu menekan tombol yang ada pada case realme Buds Air6, ini berguna untuk Mode Pairing, ketika tombol tersebut ditekan dan tahan selama 3 detik. Jika tombol ini ditekan dan tahan hingga 10 detik, ini berfungsi untuk mengembalikan TWS ke pengaturan pabrik.

Nah, bagi kamu yang berminat memiliki realme Buds Air6, TWS ini ditawarkan dengan harga Rp 499.000. Namun, jika kamu ingin seri realme Buds Air terbaru yang lebih powerful, bisa memilih realme Buds Air6 Pro, yang ditawarkan dengan harga Rp 899.000.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.