NativZen
Advertising Area

Sam Altman Mendadak Ditendang dari Kursi CEO OpenAI

CEO sekaligus Co-founder, Sam Altman secara mendadak dipecat dari perusahaan yang didirikannya pada 2015 lalu, OpenAI.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Kabar mengejutkan datang dari OpenAI, pengembang chatbot ChatGPT. CEO sekaligus Co-founder, Sam Altman secara mendadak dipecat dari perusahaan yang didirikannya pada 2015 lalu, OpenAI. Efektif, Sam tidak lagi memimpin OpenAI per Jum’at (17/11) waktu setempat.

Diumumkan secara resmi yang diunggah ke blog OpenAI, jajaran direksi OpenAI mengatakan bahwa Sam tidak jujur dalam berkomunikasi. Sayangnya, tidak ada penjelasan lebih lanjut yang membuat orang nomor satu di OpenAI itu dianggap demikian.

Dewan direksi OpenAI beranggapan bahwa sikap Sam ini menghambat kemampuan mereka untuk melihat kinerjanya secara keseluruhan, termasuk tanggung jawab memimpin OpenAI.  Meski demikian, dewan direksi tetap menghargai upaya dan kontribusi Sam selama ini.

Lantas, siapa yang menggantikan Sam untuk menjadi nakhoda OpenAI berikutnya? Dewan direksi sepakat untuk menunjuk Chief Technology Officer (CTO), Mira Murati untuk mengambil alih tugas CEO OpenAI sementara waktu.

Mira, yang bertanggung jawab di jajaran kepemimpinan OpenAI selama lima tahun belakangan ini, dinilai oleh seluruh dewan direksi memiliki kemampuan yang mumpuni dan peranan penting dalam evolusi dan perkembangan OpenAI.

Selain itu, Mira juga dianggap paham betul budaya kerja dan nilai perusahaan, serta merupakan sosok yang unik untuk menjalankan bisnis OpenAI ke depannya untuk sementara waktu, sampai dewan direksi menemukan CEO tetap untuk perusahaan AI tersebut.

“Kami berpandangan bahwa Mira memenuhi syarat untuk menduduki kursi CEO untuk sementara waktu. Kami pun sangat yakin bahwa Mira juga memiliki kemampuan memimpin OpenAI selama masa trasisi,” pungkas dewan direksi.

Sayangnya, dewan direksi yang telah mendepak Sam sebagai CEO OpenAI tidak mau menyebutkan kapan mereka akan memilih CEO tetap. Jadi, kita tunggu saja sepak terjang Mira dalam memimpin OpenAI sementara waktu, dan tentu saja inovasi-inovasinya.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.