NativZen
Advertising Area

Review Samsung Galaxy A25 5G: Bawa Segudang Peningkatan

Samsung memberi kesempatan kepada nativzen.com untuk mereview secara langsung ponsel pintar kelas menengah terbarunya, Galaxy A25 5G.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Nge-gas di awal tahun 2024, Samsung telah meluncurkan ponsel pintar kelas menengah terbarunya, Samsung Galaxy A25 5G di pasar Indonesia. Saat pertama kali diluncurkan, Samsung menengaskan bahwa handset ini hadir untuk menyasar pembuat konten.

Tak dipungkiri, Galaxy A25 5G memang membawa banyak peningkatan dibandingkan pendahulunya. Tak hanya dari sektor desain yang ditawarkan, tetapi juga pada sektor dapur pacu dan dukungan kamera yang disematkan.

Nah! Samsung memberi kesempatan kepada nativzen.com untuk menggunakan ponsel pintar ini secara penuh. Tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut, Galaxy A25 5G ini pun dipakai sebagai daily driver untuk menemani aktivitas liputan.

Unboxing Galaxy A25 5G

Bagi kamu yang tertarik dengan Galaxy A25 5G, Samsung memasarkan ponsel pintar ini dalam sebuah boks kemasan yang tipis dan minimalis. Didominasi warna putih, boks kemasan ini menonjolkan gambar perangkat sesuai dengan warnanya.

Galaxy A25 5G yang ada ditangan nativzen.com adalah warna Yellow. Warna lainnya yang dipasarkan oleh Samsung adalah Blue Black dan Blue. Selain teks bertuliskan “Galaxy A25 5G” pada boks kemasan tersebut juga dicantumkan RAM dan kapasitas penyimpanan internalnya.

Pada bagian dalam boks kemasan, kamu hanya akan menemukan lembaran pemakaian singkat (Quick Start Guide) serta garansi, kabel USB-C yang berfungsi untuk mengisi daya, SIM ejector dan tentunya unit Samsung Galaxy A25 5G.

Ada satu hal yang cukup menarik! Unit Galaxy A25 5G tidak lagi dibungkus dengan plastik, melainkan kertas daur ulang. Ya! Ini salah satu langkah yang dilakukan Samsung untuk ikut berkontribusi menjaga lingkungan agar terbebas dari sampah plastik.

Jika tertarik membeli ponsel pintar ini, kamu pun tidak akan menemukan kepala charger dan soft-case/hard-case dalam boks kemasannya. Tetapi uniknya, dalam paket penjualan, Samsung tetap menjanjikan untuk memberikan kepala charger secara terpisah sebagai bonus.

Membawa Desain Khas Galaxy

Sekarang, mari kita gali desain yang dimiliki oleh Galaxy A25 5G. Seperti telah disebutkan, Samsung melakukan banyak peningkatan pada ponsel pintar terbarunya ini, salah satunya pada sektor desain, yang membawa DNA khas Galaxy.

Jika diperhatikan lebih dalam, Galaxy A25 5G dikemas oleh Samsung dengan sudut melengkung yang lebih halus. Selain itu, pada sisi bagian kanan, lebih tepatnya pada tombol volume dan daya dibuat sedikit lebih menonjol, Samsung menyebutnya sebagai Key Island.

DNA khas Galaxy lainnya yang bisa kamu temukan pada ponsel pintar ini adalah penempatan tiga buah kamera bagian belakang yang disusun secara vertikal dengan LED flash di sampingnya. Selain itu, ada juga logo “Samsung” yang ditempatkan di bawah.

Selain tombol volume dan daya di sisi kanan, kamu juga bisa menemukan slot untuk menyimpan SIM Card dan microSD Card di sisi kiri. Sisi atas hanya ada lubang mikrofon, dan di sisi bawah ada jack audio 3.5mm, lubang mikrofon, port USB-C dan lubang speaker.

Bergeser ke bagian depan, Galaxy A25 5G sudah dibekali layar Super AMOLED 6,5 inci FHD+. Nah! Bagi kamu yang kesal ketika scrolling layar dan terasa patah-patah, pada perangkat ini tidak ada masalah itu. Sebab, Samsung sudah membekalinya dengan refresh rate 120Hz.

Ketika Galaxy A25 5G ini kamu operasikan di bawah terik matahari, juga tidak ada masalah berarti. Hal ini berkat peningkatan lainnya yang dilakukan oleh Samsung, yakni mendongkrak tingkat kecerahan layarnya mencapai 1.000nit dengan Vision Booster.

Kamu pun tak perlu khawatir dengan kesehatan mata ketika menatap layar ponsel ini berlama-lama, seperti nonton drama series atau bermain game. Samsung juga telah meningkatkan kemampuan untuk memfilter blue-light yang membahayakan mata.

Tetapi satu hal yang cukup mengganggu, dan itu juga dirasakan nativzen.com. Samsung masih saja memakai desain poni lawas, alias waterdrop sebagai rumah kamera depannya. Selain itu, bezel di sekitar layar masih terlihat cukup tebal.

Sementara, untuk memproteksi layarnya, Samsung telah melindungi dengan Gorilla Glass 5 dari Corning. Hanya saja, bagi kamu yang masih worry dengan kekuatan layar Galaxy A25 5G ini, Samsung tidak melapisinya dengan screen protector tambahan. Jadi, kamu harus beli lagi!

Secara dimensi, Galaxy A25 5G memiliki ukuran 161 x 76,5 x 8,3 mm dan bobotnya adalah 197 gram. Masih nyaman digenggam dan dioperasikan dengan satu tangan. Ketika dimasukkan ke saku celana atau baju, juga tak ada masalah berarti.

Hanya saja, Galaxy A25 5G yang dibungkus plastik polikarbonat terasa licin, apalagi ketika tangan berkeringat atau basah. Bagian belakangnya juga mudah meninggalkan bekas sidik jari. Jadi, ada baiknya kamu membeli soft-case/hard-case untuk melindungi perangkat ini.

Ditenagai Exynos 1280

Seperti kebanyakan orang yang ingin membeli sebuah ponsel pintar, mungkin kamu akan bertanya mengenai chipset yang disematkan oleh Samsung ke dalam Galaxy A25 5G. Samsung telah membekali ponsel pintar tersebut dengan chipset Exynos 1280.

Itu adalah chipset 5G untuk ponsel pintar kelas menengah yang dibangun oleh Samsung dengan menggunakan fabrikasi 5nm Extreme Ultraviolet Lithography (EUV). Exynos 1280 diperkenalkan pada kuartal pertama tahun 2022.

CPU dari Exynos 1280 menggunakan dua Core Cortex A78 dengan clock speed 2,4GHz. Chipset ini juga dilengkapi enam core Cortex A55, yang masing-masing memiliki clock speed 2.0GHz. Komponen penting lainnya, Exynos 1280 menggunakan GPU Mali G69.

Selain chipset Exynos 1280, Galaxy A25 5G juga dijejali dengan RAM 8GB yang berpasangan dengan penyimpanan internal hingga 256GB. Tetapi, perangkat yang ada ditangan nativzen.com adalah dengan kapasitas penyimpanan internal 128GB.

Bagi kamu yang tertarik meminang Galaxy A25 5G tak perlu risau dengan kapasitas penyimpanan internal yang dibawanya. Sebab, ponsel pintar ini juga menyediakan slot untuk menampung kartu microSD hingga 1TB, tetapi berbagi baki dengan SIM Card kedua.

Lantas, bagaimana dengan sektor catu dayanya? Galaxy A25 5G merupakan ponsel pintar kelas menengah yang masuk ke dalam jajaran perangkat dengan baterai 5.000 mAh. Awet dipakai seharain, kamu bisa mengisi ulang dengan cepat berkat fast charging 25W.

Dibekali chipset Exynos 1280 5G, RAM 8GB, ROM 128GB dan baterai 5.000 mAh, tentunya yang kamu tanyakan bagaimana dengan performa Galaxy A25 5G. Untuk menilainya, kamu bisa lihat hasil benchmark di bawah ini yang telah dilakukan oleh nativzen.com.

Saat menggunakan Galaxy A25 5G sebagai daily driver untuk menemani aktivitas liputan, ponsel ini terbilang cukup mumpuni. Sekadar digunakan untuk cek e-mail atau berselancar membaca website-website berita, ponsel pintar ini bisa berjalan dengan lancar.

Aktivitas lainnya, seperti digunakan untuk mengakses media sosial, chit-chat via WhatsApp, mendengarkan musik atau nonton film, kamu juga tak perlu khawatir dengan Galaxy A25 5G. Itu semua juga bisa dilakukan dengan lancar oleh perangkat seharga Rp 3 jutaan tersebut.

Bahkan, nativzen.com juga tak pernah absen dalam sehari pun menggunakan Galaxy A25 5G ini untuk bermain game. Sejumlah game-game populer, seperti Mobile Legends: Bang Bang, PUBG Mobile atau e-Footbal 2024 bisa dimainkan dengan lancar, dan bebas nge-lag.

Kamera Utama 50MP yang Didukung OIS

Seperti telah disebutkan bahwa Samsung menghadirkan Galaxy A25 5G ini sebagai perangkat yang cocok digunakan untuk membuat konten, baik konten foto maupun video. Ya! Bukan tanpa alasan Samsung sesumbar seperti itu.

Hal ini bisa kita lihat dari dukungan sektor pencitraan yang ada pada Galaxy A25 5G. Samsung memperkaya ponsel pintar yang memiliki antarmuka One UI 6 berbasis Android 14 ini dengan tiga buah kamera di bagian belakang dan satu kamera di bagian depan.

Tiga buah kamera di bagian belakang yang disusun secara vertikal itu memiliki konfigurasi yang terdiri dari kamera utama 50MP, kamera ultra-wide 8MP dan kamera makro 2MP. Nah! Menariknya, kamera utama 50MP sudah didukung dengan Optical Image Stabilization (OIS).

Mungkin tak sedikit dari kamu yang sudah mengerti OIS di sebuah kamera di ponsel pintar. Ini adalah teknologi yang digunakan pada ponsel pintar dan kamera yang membantu untuk menstabilkan komponen pengambilan foto dari handset.

Hal ini untuk meminimalkan atau meniadakan “goyangan” pada gambar sehingga hasil bidikan jadi lebih tajam. Bahkan saat pengambilan gambar langsung dengan tangan. Lalu, kegunaan OIS ini apa? Teknologi ini sangat membantu saat pengambilan foto pada skenario low-light atau malam hari.

OIS akan membuat kamera di ponsel pintar bisa stabil lebih lama. Sehingga dapat mengambil lebih banyak cahaya dalam pengaturan lebih gelap, menghasilkan foto lebih cerah, dan lebih menyenangkan saat dipadukan dengan tripod atau perangkat stabilisasi lainnya.

Namun, yang juga harus kamu pahami bahwa OIS hanya membantu menstabilkan dalam kondisi kamera yang sedikit bergerak, bukan subjek yang bergerak, bahkan berpindah cepat. Jadi, OIS tidak akan membantu ketika mengambil gambar benda bergerak.

Sementara itu, untuk melengkapi Galaxy A25 5G ketika dipakai untuk foto selfie atau kebutuhan video call untuk online meeting, Samsung telah membenamkan kamera depan 13MP yang memiliki kemampuan perekaman video hingga resolusi 1080p @ 30fps.

Jika berbicara aplikasi Camera yang disodorkan oleh Galaxy A25 5G, kamu akan menemukan cukup banyak mode pemotretan atau perekaman yang bisa digunakan. Bahkan, kamu tak perlu khawatir ketika ingin memotret pada malam hari karena ada mode pemotretan Night.

Ingin menciptakan foto selfie atau objek lainnya dangan latar belakang bokeh sehingga terlihat lebih “wow”, kamu bisa menggunakan mode pemotretan Portrait. Bahkan kamu juga diberikan keleluasan untuk mengatur efek kekuatan bokeh yang diinginkan.

Tak hanya itu, Samsung juga menyediakan opsi One Take. Opsi ini bakal memudahkan kamu untuk mendapatkan hasil foto dan rekaman video pendek dalam sekali menekan tombol shutter. Ada juga mode pemotretan Pro, Makanan (Food) dan Panorama.

Jika ingin seru-seruan, kamu bisa memilih mode pemotretan Fun. Mode ini disediakan oleh Samsung dengan menghadirkan beragam filter yang bisa kamu gunakan. Ya! Filter-filter tersebut tersedia berkat kolaborasi Samsung dengan Snapchat.

Nah! Jika kamu sudah memiliki foto yang dibidik dengan Galaxy A25 5G dan hasilnya kurang optimal, Samsung juga menyediakan tool editing siap pakai. Bisa dibilang, ini adalah tool editing cerdas yang dikembangkan oleh Samsung dengan memanfaatkan teknologi AI.

Ada tools Remaster yang berfungsi secara otomatis untuk meningkatkan foto agar tampak lebih baik dari sebelumnya. Tools lainnya adalah Portrait Effect yang sudah bisa ditebak berguna untuk membuat foto punya sentuhan latarbelakang nge-blur alias bokeh.

Tentu saja, nativzen.com paling suka dengan tools editing Object Eraser. Tools ini bisa bekerja secara otomatis untuk menghapus objek-objek yang tidak kita inginkan untuk tampil di foto. Kamu pun tak perlu khawatir, penggunaan semua tools tersebut sangat mudah.

Contoh foto yang dibidik menggunakan Galaxy A25 5G

Kesimpulan

Dipakai sebagai daily driver selama dua pekan, Galaxy A25 5G dirasa mampu menemani nativzen.com beraktivitas setiap harinya, mulai dari liputan, mendengar musik saat diperjalanan atau bermain game ketika harus “membunuh” waktu senggang.

Samsung memang piawai dalam meramu ponsel pintar kelas menengah terbarunya. Pengguna akan dimanjakan dengan desain hingga sektor layar yang ditawarkan. Desainnya membawa DNA Galaxy dan layarnya sudah ditingkatkan menggunakan panel Super AMOLED 120Hz.

Sementara itu, untuk performanya juga bisa diandalkan mengoperasikan aplikasi-aplikasi harian yang memang dipakai oleh banyak orang, mulai dari aplikasi medsos seperti Instagram, TikTok dan sebagainya hingga chatting, seperti WhatsApp atau Telegram.

Jika kamu hobi bermain game, seperti Mobile Legend: Bang Bang atau PUBG Mobile, ponsel pintar ini pun sudah lebih dari cukup untuk melibas game-game tersebut. Juga tak perlu risau jika Galaxy A25 5G ini diajak untuk memotret, karena ada dukungan kamera 50MP + OIS.

Apalagi, ponsel pintar ini juga sudah dibekali dengan tools editing foto yang sudah memanfaatkan teknologi AI. Kamu tak perlu repot-repot untuk membuat hasil foto terlihat optimal atau hanya sekadar menghapus objek yang tidak diinginkan dalam sebuah foto.

Galaxy A25 5G yang sudah memiliki dukungan NFC ini berjalan dengan antarmuka One UI 6 yang benar-benar smooth karena sudah ditunjang juga dengan Android 14. Ada tiga pilihan warna yang ditawarkan, yakni Black Blue, Blue, dan Yellow.

Samsung Galaxy A25 5G saat ini sudah tersedia di seluruh Indonesia, baik toko daring maupun gerai retail. Tersedia dua varian, yaitu 8G/128GB yang ditawarkan dengan harga Rp 3.999.000 dan 8GB/256GB yang dibanderol seharga Rp 4.399.000.

()
Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.