NativZen
Advertising Area

5 Trik Canva untuk Lebih Produktif di Tempat Kerja

Menggunakan Canva, kamu bisa lebih produktif ditempat kerja, dan hal ini juga ditunjang dengan sejumlah fitur menarik di dalamnya.

Advertising Area

NATIVZEN.com – Kemampuan untuk membuat konten visual yang efektif amat penting di era kerja saat ini, terutama bila kita ingin mengomunikasikan ide dan menarik perhatian audiens. Hal ini tidak lagi menjadi sesuatu yang eksklusif bagi desainer saja.

Pasalnya, kini semua karyawan merasa perlu untuk berkomunikasi, baik itu dalam lingkup internal kantor atau dengan klien mereka. Hal ini juga mengingat jumlah karyawan yang dapat berkurang kapan saja saat ada yang cuti atau sakit.

Karena itu, tools yang bisa diandalkan untuk meningkatkan produktivitas dan menyederhanakan pekerjaan menjadi cukup krusial. Menurut Laporan Ekonomi Visual yang dirilis Canva, 90% pemimpin bisnis Indonesia memprioritaskan pengadaan tools komunikasi visual yang mudah.

Hasilnya, 81% berinvestasi lebih banyak pada tools komunikasi visual yang ditenagai AI dibandingkan tahun 2023. Canva, satu-satunya platform komunikasi visual super lengkap di dunia, menawarkan berbagai alat dan fitur yang dapat membuat pekerjaan lebih efisien.

Tidak hanya menarik secara visual, namun juga efisien pembuatannya, sehingga dapat menghemat waktu. Apapun peran kamu, menguasai lima trik berikut dari Canva dapat merevolusi cara kerja, meningkatkan kualitas karya desain, dan meningkatkan produktivitas.

Manfaatkan Work Kits

Dengan adanya Work Kits alias Kit Kerja dari Canva, komunikasi visual dapat dimanfaatkan oleh semua orang, tidak hanya desainer grafis. Work Kits terdiri dari berbagai produk, template, dan macam-macam kreasi desain yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Dengan kata lain, kamu tidak perlu lagi bersusah payah membuat template dari nol. Dalam Work Kits ada template dan beragam kreasi desain untuk presentasi, video, dan konten media sosial. Semuanya dapat disesuaikan dengan mudah.

Rekam Presentasi yang Dibuat

Fitur “Tampilkan dan rekam” di Canva memungkinkan kamu untuk merekam presentasi seolah-olah sedang berada di dalam rapat. Fitur ini berguna tatkala si penyaji presentasi ingin berlibur tapi tetap melaksanakan presentasi atau bentrok dengan jadwal rapat.

Saat presentasi selesai direkam, akan muncul tautan yang dapat dibagikan ke orang lain. Saat mereka mengakses tautan tersebut, akan terlihat gambar orang yang menyajikan presentasi di latar depan beserta slide yang dipaparkan.

Menariknya lagi, video yang dibagikan dapat dihentikan atau diputar ulang kapan saja, termasuk saat ingin meninjau kembali poin-poin penting yang disajikan. Dengan begitu, kamu tidak pernah kehilangan moment dalam sebuah presentasi.

Manfaatkan Brand Kit

Yang menjadi ciri khas merek atau brand saat dilihat orang adalah warna, gambar, dan teks. Brand Kit menyatukan hal-hal itu di satu tempat. Setelah disiapkan, siapa saja yang berwenang dapat mengakses aset editor Canva, mulai dari font hingga template siap pakai.

Brand Kit membantu anggota tim—tak peduli itu tim medsos atau komunikasi internal—dalam membuat kreasi desain atau konten yang terpercaya, profesional, dan konsisten gayanya apapun tujuan pembuatan kreasi desain tersebut.

Tingkatkan Produktivitas dengan Generative AI

Generative AI dapat menjadi rekan dalam menunjang produktivitas. Produk AI Canva sudah dipakai lebih dari 7 miliar kali sejauh ini, dan hal ini menjadi contoh bahwa teknologi tersebut dapat menyederhanakan tugas dan meningkatkan kreativitas.

Siapa saja dalam tim dapat menuntaskan lebih banyak pekerjaan dengan sumber daya yang lebih sedikit. Misalnya dengan fitur Magic Switch, kamu dapat menerjemahkan dokumen dan presentasi yang super panjang secara otomatis, cukup klik sekali saja.

Fitur berguna lainnya adalah Text to Graphics. Berkat fitur ini, kamu dapat membuat elemen grafis nan unik untuk memperkaya desain, dan apa pun jadi lebih mudah. Elemen tersebut dapat berupa ikon, stiker, atau ilustrasi.

Ini hanyalah beberapa contoh tools AI yang dapat dimanfaatkan semua orang di tempat kerja. Masih banyak lagi tools AI yang dapat ditemukan di Rangkaian Aplikasi Visual (Visual Suite) dan Studio Ajaib (Magic Studio) dari Canva.

Berkolaborasi secara Real-Time dengan Canva

Dengan beragam fitur kolaborasi yang ada di Canva, berbagai tim di seluruh penjuru dunia dapat bekerja sama dan mendesain konten menarik. Ini bukan sekadar meningkatkan efisiensi tetapi juga kreativitas.

Menurut studi global Canva dengan Harvard Business Review Analytic Services, hal-hal yang paling banyak digunakan pemimpin untuk mengembangkan kreativitas adalah platform kolaborasi (65%), komunikasi visual (64%), dan alat visualisasi data (56%). 

Melalui kolaborasi, proses kreatif dapat ditingkatkan dengan cara berbagi ide, perspektif, dan pendekatan baru. Selain itu, fungsi kolaboratif Canva mencakup fitur-fitur baru di Canva Docs, sebuah editor dokumen online.

Pengguna kini dapat memantau perubahan dan berkolaborasi saat mengedit dan juga dapat melihat kerangka dokumen panjang agar mereka paham sedang di bagian mana serta memantau komentar dalam rangka berkomunikasi dengan semua anggota tim yang terlibat.

Avatar photo

Eko Lanue Ardie

co-Founder & Pimpinan Redaksi nativzen (www.nativzen.com); Jurnalis di industri teknologi dan gadget yang sudah berkecimpung sejak 2010.

Advertising Area
Advertising Area

Your Header Sidebar area is currently empty. Hurry up and add some widgets.